Wednesday, July 29, 2020

Secangkir Kopi Inspirasi

Pernak-Pernik Yang Merevolusi Diri


Oleh : Prabu Revolusi

Penerbit : Kaifa, PT Mizan Pustaka, 2013
Tebal : 255 halaman


Kenapa kita tidak bangun cinta dan memilih jatuh cinta? Karena jatuh itu sakit dan berat, disebabkan ekspetasi yang tinggi, namun pasangan kita tidak mungkin turut mengejar ekspetasi kita setiap hari. Saat kita memilih membangun cinta, maka pilihan kita adalah menjadi diri kita sendiri. Saat terjadi konflik, maka tujuan kita adalah mencari solusi yang dapat diterima semua pihak.

Karena bentuk cinta yang sesungguhnya akan menjatuhkan manusia kepada kekecewaan. Karena cinta memang tidak membebaskan. Tidak hanya kepada orang yang kita cintai, terhadap yang kita sayangi juga dapat menyebabkan kekecewaan. Maka lakukanlah komunikasi yang tegas dan halus, sambil selesaikanlah dengan kekuatan energi senyum. Memilih tersenyum merupakan menjadi pilihan bijak dan tepat.

Saat kita terbiasa hidup sendiri, terkadang kita merasa kosong. Jadi untuk itu manusia pasti membutuhkan persahabatan.

Investasi yang simpel dan sederhana bisa kita implementasikan adalah dengan konsep 3 amplop. Amplop 1 untuk investasi (25%) yang digunakan untuk investasi pendidikan anak, investasi dana pensiun, investasi properti dan investasi lainnya.

Amplop 2 untuk dana darurat dan asuransi (30%), yang digunakan untuk tabungan dana darurat, tabungan premi asuransi, tabungan pajak, dan tabungan keperluan lain-lainnya.

Amplop 3 untuk pengeluaran bulanan (45%), yang digunakan untuk pengeluaran makan sehari-hari, pengeluaran rumah tangga, pengeluaran transportasi, pengeluaran sandang dan keperluan lain-lainnya.

Jika kita termasuk orang yang gagap, maka mulailah dengan membangun kepercayaan diri. Lalu bangunlah mental yang kuat.

Lakukan perencanaan diri, yang diikuti dengan evaluasi dan target.

Dalam hal ide, lakukan : thinking outside the box, execute inside the box. Ide boleh liar dan superkreatif, namun saat eksekusi pilih mana yang sesuai dengan jati diri dan sesuai dengan tujuan objektif di awal.

Namun jangan lupa sebesar apa pun ide mu, jangan lupa eksekusi, karena ada formula,
ide - eksekusi = 0

Dan kuncinya adalah be organize.

Salah satunya adalah dengan menjalankan 4 kunci dalam hal mengelola prioritas dan waktu (Stephen Covey tips), yaitu
  1. Atur waktu dan prioritas waktu, termasuk dalam hal pekerjaan, hobi, spontanitas merupakai sebuah keniscayaan untuk hidup sukses.
  2. Manusia dengan maksimal 7 peran, misalnya sebagai manajer dalam sebuah karier, ayah dalam keluarga, pekerjaan sampingan, hobi penggila bola dan lain-lain.
  3. Mengisi agenda harian, catat agar lebih terarah.
  4. Pernyataan dan hal positif.

Satu tips tentang karier yang perlu dicamkan adalah, jangan sekali-kali bekerja sesuai argo. Bahkan berilah nilai tambah sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan nilai tawar..

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts