Sunday, November 29, 2009

Enneagram of Parenting

Sukses Mengasuh Anak Sesuai dengan 9 Gaya Kepribadian


Oleh : Elizabeth Wagele

Penerbit : PT Ikrar Mandiriabadi, 2006
Tebal : 214 halaman


Sebelum membaca buku ini aku rasa yang umum dikenal oleh khalayak ramai hanya terdapat 4 kepribadian, yaitu Koleris, Melankolis, Sanguinis dan Plegmatis.

Dalam buku ini dibedah lagi menjadi 9 kepribadian, yaitu Perfeksionis, Penolong, Pengejar Prestasi, Romantis, Pengamat, Pencemas, Petualang, Pejuang dan Pendamai.

Buku mengenai kepribadian lebih fokus agar kita lebih mengenali anak kita dari segi kepribadiannya, sehingga kita dapat menyesuaikan pola pengasuhan kita terhadap anak, sehingga kita dapat memaksimalkan kemampuan sang anak.

"Enneagram of Parenting" karya Elizabeth Wagele adalah panduan yang mendalam tentang bagaimana memahami dan mendidik anak-anak melalui lensa Enneagram, sebuah sistem tipologi kepribadian yang membagi manusia menjadi sembilan tipe kepribadian. Buku ini dirancang untuk membantu orang tua mengenali dan mendukung kepribadian unik anak-anak mereka, serta menawarkan strategi pengasuhan yang disesuaikan dengan tipe kepribadian anak.

Konsep dasar Enneagram dan bagaimana sistem ini dapat diterapkan dalam konteks pengasuhan. Enneagram adalah alat yang kuat untuk memahami motivasi, ketakutan, dan perilaku individu. Dalam pengasuhan, memahami tipe kepribadian anak dapat membantu orang tua menyesuaikan pendekatan mereka untuk mendukung perkembangan anak secara optimal.

Dalam buku ini dijelaskan secara rinci tentang sembilan tipe kepribadian dalam Enneagram. Mulai dari karakteristik, kekuatan, dan tantangan masing-masing tipe. 

Lalu diberikan panduan praktis untuk mengenali tipe kepribadian anak. Orang tua diajak untuk mengamati perilaku, reaksi emosional, dan preferensi anak dalam berbagai situasi. 

Inti dari buku ini adalah strategi pengasuhan yang disesuaikan dengan setiap tipe kepribadian. Misalnya, untuk anak dengan tipe 1 (Perfeksionis), orang tua didorong untuk memberikan pujian yang tulus dan mengajarkan anak untuk menerima ketidaksempurnaan. Untuk anak dengan tipe 7 (Pencemas atau Penggemar), orang tua disarankan untuk menyediakan banyak variasi aktivitas dan mengajarkan pentingnya menyelesaikan tugas.

Wagele menekankan pentingnya membangun hubungan yang kuat dan positif antara orang tua dan anak. Misalnya komunikasi yang efektif, mendengarkan dengan empati, dan membangun kepercayaan. 

Terakhir juga dibahas berbagai tantangan yang mungkin dihadapi oleh orang tua, seperti masalah disiplin, perubahan perkembangan, dan situasi stres. Strategi untuk mengatasi tantangan ini dengan cara yang sesuai dengan tipe kepribadian anak, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan anak.

Sehingga pada akhirnya kita dapat membesarkan anak dengan cara yang lebih tepat, kreatif dan efektif.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts