Saturday, July 2, 2022

Diet Sehat Tanpa Lapar

Tetap Bisa Makan Enak Tanpa Kelaparan dengan Diet Sehat

Oleh : Kurniasih
Penerbit : Media Pressindo, 2017
Tebal : 140 halaman


Jika seseorang semakin gemuk, maka beban tulang akan semakin berat sehingga dikarenakan menyangga beban diluar kemampuan maka akan muncul gangguan sendi. Selain itu juga menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dan akan berkerja lebih banyak. 

Sehingga akan menyebabkan gangguan jantung yang dikenal sebagai dekompensasi kordis.

Selain itu pada orang yang kegemukan karena kurang bergerak akan mengalami atheroscelerosis atau pengapuran pada pembuluh darah sehingga menyempit dan menyebabkan naiknya tekanan darah.

Dan terakhir orang yang obesitas akan mengalami penurunan hormon insulin yang membuat gula darah naik dan dapat meracuni seluruh tubuh.

Salah satu untuk mengatasi hal diatas adalah dengan diet, namun tidak asal diet, karena jika kita makan dalam jumlah sangat sedikit maka tubuh juga akan membakar kalori lebih sedikit dan metabolisme tubuh akan melambat dari biasanya.

Oleh karena itu diet yang tepat adalah makan dalam jumlah cukup, tidak kurang dan tidak lebih, dengan komposisi nutrisi yang tepat yaitu 40-30-30, yang terdiri dari 40% karbohidrat, 30% lemak dan 30% protein.

Tips yang tepat saat diet adalah makan dengan perlahan, jika kita biasanya makan dalam waktu singkat misalnya 5 menit, maka cobalah menghabiskan makan dalam waktu 20 menit.

Dan masih banyak orang yang salah dalam menerapkan diet, salah satunya orang yang diet kerap kalo mencoret makanan dengan kalori tinggi namun lupa pada minuman dengan kalori tinggi yang juga membuat gemuk tubuh, misalnya teh manis, cendol dan jus.

Selain itu hindari juga makanan dengan gula tinggi dan yang berlemak, misalnya roti, nasi, kentang, pasta dan mi, termasuk juga tinggalkan makanan dari tepung yang digoreng, gula dan permen. Gula perlu dihindari sekali karena selain dapat menyebabkan sakit gigi, obesitas juga dapat menyebabkan diabetes melitus.

Ubah minuman kita dengan minuman nol kalori, misalnya kopi. Bahkan kopi hitam yang pahit dapat mengurangi nafsu makan sampai 35%, kafein yang terkandung pada kopi menjadikan orang untuk semangat olahraga dan mampu membakar lemak lebih banyak 35%.

Dan yang tak kalah penting selain makan secara teratur adalah lakukan gerak badan secara teratur.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts