Wednesday, January 28, 2015

Finding The Next Starbucks

Bagaimana Menemukan dan Berinvestasi di Saham Unggulan Masa Depan


Oleh : Michael Moe

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2009
Tebal : 425 halaman


Saham yang memberikan keuntungan terbesar adalah perusahaan kecil yang menjadi perusahaan besar.

Lalu bagaimana menemukan dan berinvestasi dalam perusahaan-perusahaan yang kita sebut sebagai bintang-bintang masa depan, perusahaan yang paling inovatif dan tercepat pertumbuhannya di dunia.

Michael Moe adalah salah satu analisis dan peneliti pertama yang menemukan Starbucks sebagai peluang besar menyusul harga penawaran umum saham perdananya atau IPO (Initial Public Offering) pada tahun 1992 saat market cap-nya mencapai $ 0.22 M. Saat ini market cap-nya senilai $ 23 M.

Seni dan sains bekerja.

Selama lebih dari 15 tahun, Michael Moe berhasil di banyak saham lain, mendapatkan reputasi sebagai salah seorang ahli pasar yang paling berwawasan saat ini.

Dalam buku perdananya ini Michael Moe akan menunjukkan bagaimana Dell, eBay dan Home Depot menjadi pemenang dan sudah dapat dilihat dari tahap awal.

Kita akan diajak untuk menemukan raksasa-raksasa di Wall Street pada masa mendatang. Michael Moe meramalkan bidang-bidang yang mempunyai potensi yang akan tumbuh secara luar biasa, termasuk peer-to-peer networking, nano teknologi dan energi alternatif.

Michael Moe juga akan menjelaskan 4P untuk menjadi superstar masa depan, yaitu great People, leading Product, huge Potential dan Predictability (orang luar biasa, produk utama, potensi besar dan prediktabilitas).

--

"Finding The Next Starbucks" adalah karya inspiratif dari Michael Moe yang menyelami dunia investasi dan pencarian perusahaan-perusahaan kecil yang memiliki potensi untuk menjadi raksasa industri berikutnya. Moe, seorang investor berpengalaman dan ahli dalam menemukan bakat dan perusahaan yang menjanjikan, berbagi strategi dan prinsip yang telah membantunya menemukan perusahaan-perusahaan yang kemudian menjadi sukses besar. Buku ini menjadi panduan berharga bagi para investor yang ingin menemukan "bintang masa depan" dalam dunia bisnis.

Moe memulai buku ini dengan cerita tentang Starbucks, sebuah perusahaan kecil yang berhasil tumbuh menjadi salah satu merek paling dikenal di dunia. Dengan menceritakan perjalanan Starbucks dari kedai kopi lokal hingga menjadi fenomena global, Moe mengilustrasikan potensi yang bisa dimiliki oleh perusahaan-perusahaan kecil lainnya jika didukung dengan visi, strategi, dan eksekusi yang tepat.

Bab ini membahas karakteristik umum yang dimiliki oleh perusahaan yang memiliki potensi untuk menjadi besar. Moe mengidentifikasi faktor-faktor seperti inovasi, manajemen yang kuat, model bisnis yang scalable, dan kemampuan untuk menciptakan pasar baru. Ia menekankan pentingnya menemukan perusahaan dengan produk atau layanan yang unik dan memiliki daya tarik luas.

Moe menjelaskan bagaimana tren pasar memainkan peran penting dalam menentukan kesuksesan sebuah perusahaan. Bab ini mengajarkan pembaca cara mengenali tren yang sedang berkembang dan bagaimana memanfaatkannya untuk menemukan peluang investasi yang menjanjikan. Moe menggunakan contoh-contoh nyata untuk menunjukkan bagaimana tren seperti teknologi, kesehatan, dan konsumen muda dapat mempengaruhi keberhasilan perusahaan.

Manajemen yang efektif adalah kunci keberhasilan perusahaan. Moe menyoroti pentingnya mengevaluasi tim manajemen dari perusahaan yang berpotensi besar. Bab ini memberikan panduan tentang cara menilai kepemimpinan, visi, dan kemampuan eksekusi tim manajemen. Moe juga menekankan pentingnya integritas dan etika dalam kepemimpinan.

Bab ini memberikan strategi konkret untuk berinvestasi dalam perusahaan-perusahaan kecil yang berpotensi besar. Moe membahas pentingnya diversifikasi portofolio, memahami risiko, dan membuat keputusan investasi yang berdasarkan pada penelitian yang mendalam. Ia juga berbagi tips tentang kapan harus masuk dan keluar dari investasi, serta bagaimana mengelola portofolio investasi untuk memaksimalkan keuntungan.

Moe menggunakan berbagai studi kasus untuk mengilustrasikan bagaimana prinsip-prinsip yang dibahas dalam buku ini diterapkan dalam dunia nyata. Dari perusahaan teknologi hingga perusahaan ritel, Moe menunjukkan bagaimana perusahaan-perusahaan ini berhasil tumbuh dan berkembang. Studi kasus ini memberikan wawasan praktis tentang bagaimana menemukan dan berinvestasi dalam perusahaan yang berpotensi besar.

Investasi selalu disertai dengan tantangan dan risiko. Bab ini membahas risiko-risiko yang mungkin dihadapi oleh investor dan bagaimana mengatasinya. Moe menekankan pentingnya melakukan due diligence dan tetap waspada terhadap tanda-tanda peringatan yang mungkin menunjukkan masalah di masa depan. Ia juga memberikan saran tentang bagaimana mengelola risiko dan tetap fleksibel dalam strategi investasi.

"Finding The Next Starbucks" oleh Michael Moe adalah panduan komprehensif untuk menemukan dan berinvestasi dalam perusahaan-perusahaan kecil yang berpotensi menjadi raksasa industri berikutnya. Dengan berbagi pengalaman pribadi dan wawasan mendalam tentang investasi, Moe memberikan pembaca alat dan strategi yang dibutuhkan untuk sukses dalam dunia investasi. Buku ini adalah sumber daya yang berharga bagi investor pemula dan berpengalaman yang ingin menemukan "bintang masa depan" dalam dunia bisnis.


#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

2 comments:

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts