Sunday, January 18, 2015

Bernanke's Test

Ben Bernanke, Alan Greenspan dan Drama Bankir Bank Sentral


Oleh : Johan van Overtveldt

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2009
Tebal : 273 halaman


Krisis-krisis yang menghadang perekonomian Amerika Serikat telah menempatkan bankir Bank Sentral yaitu Ben Bernanke di bawah sorotan tajam. Bernanke sedang menghadapi sebuah ujian berat sebagai bankir bank sentral Amerika. Sebuah ujian yang diciptakan untuknya, sebagian besar, oleh pendahulunya, yaitu Alan Greenspan.

Saat ini peran para bankir bank sentral dalam membimbing dan membentuk kondisi keuangan tak dapat diremehkan. Dalam buku ini kita akan menilai tantangan-tantangan yang dihadapi Bernanke, dan mengkaji catatan panjang Alan Greenspan sebagai ketua Bank Sentral (The Fed), dan Ben Bernanke sebagai seorang ekonom dan sebagai kepala The Fed.

Konsensus tentang kinerja Greenspan sebagai ketua The Fed mulanya sangat positif, tapi semenjak kejadian selama tahun 2008 sekarang telah melempar Bernanke ke mata badai ekonomi dunia yang sebagian besar tercipta karena kepemimpinan pendahulunya.

Kepemimpinan akan menjadi faktor menentukan dalam cara perekonomian Amerika melewati krisis ini dan keputusan-keputusannya akan menghasilkan dampak yang dirasakan di seluruh dunia.

Inilah ujian bagi Bernanke.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts