Friday, December 24, 2004

Ketika Harus Berbeda

Sebuah Percik Kehidupan dan Keping Berkarya


Oleh : Jazimah Al-Muhyi

Penerbit : Mandiri Visi Media, 2004
Tebal : 110 halaman


Salah satu hal yang membebani penulis adalah komentar orang. Terlebih jika tidak mempunyai mental yang kokoh, maka kepercayaan diri akan menguap. Oleh karena itu, bangun tradisi menulis, miliki energi menulis dan abaikan apa pun yang dikatakan orang lain.

Tuesday, November 16, 2004

9-11 The Real Truth

The Hard Evidence Exposed
Fakta Sebenarnya Tragedi 11 September


Oleh : Jerry D. Gray

Penerbit : Gema Insani, 2004
Tebal : 118 halaman


Banyak sekali teori konspirasi yang menceritakan tragedi 11 September yang meluluhlantakkan 2 gedung menara kembar WTC. Salah satu buku yang menceritakan dengan lengkap terinci adalah buku ini.

Salah satu yang melatarbelakangi munculnya teori kosnpirasi 9-11 adalah karena ada motif yang sangat diwarnai oleh kepentingan ekonomi, khususnya vested interest dari keluarga petinggi dan pejabat Amerika Serikat yang mempunyai kepentingan emas hitam alias minyak bumi yang banyak ditemukan di Timur Tengah dan Asia tengah.

Memang setelah kekuatan Uni Sovyet runtuh, sehingga tidak ada lagi kekuatan yang dapat mengimbangi negara adidaya Amerika Serikat.  Maka lawan dari Blok Amerika Serikat saat ini adalah berhadapan dengan nonstate-entity atau entitas bukan negara yang tidak dapat dikendalikan secara penuh.


Sunday, October 31, 2004

Rahasia Perempuan dan Dosa Laki-Laki

Why Men Don't Listen and Women Can't Read Maps


Oleh : Allan and Barbara Pease

Penerbit : Pradipta Publishing, 2004
Tebal : 332 halaman

Semua paham bahwa wanita dan laki-laki adalah 2 makhluk yang berbeda hingga 180 derajat. Dengan buku ini kita akan lebih mudah memahami sehingga tidak perlu ada lagi perbedaan yang dapat membuat salah satu salah paham.

Cowok melindungi, cewek mengurus anak. Sebagai akibatnya, tubuh dan otaknya pun berkembang mengikuti kebiasaan jaman purba ini. Selama jutaan tahun, struktur otak cowok dan cewek terus berubah dengan caranya masing-masing.

Sampailah kita pada jaman modern ini, di mana ternyata cowok dan cewek itu berbeda dalam memproses informasi yang masuk ke otaknya. Jalan pikirannya memang berbeda. Pengertiannya akan suatu hal pun berbeda. Persepsi, prioritas dan tingkah lakunya juga beda.

Kasus mentega di kulkas Setiap cewek di dunia pasti pernah mengalami ini.
Kisahnya berawal dari cowok yang berdiri di depan kulkas yang terbuka...

Cowok : "Menteganya mana ya?"
Cewek : "Di dalem kulkas"
Cowok : "Nggak ada tuh" - sambil celingak-celinguk ke dalem kulkas...
Cewek : "Kok bisa nggak ada? Dari dulu juga ditaruh di kulkas"
Cowok : "Mana? Nggak ada. Gue udah cari. Nggak ada apa-apa tuh di kulkas"

Terus si Cewek akhirnya harus ikutan ke dapur, ikutan ngelongok ke kulkas dan ... secara ajaib bin sulap, tangannya udah megang mentega. Apa komentar selanjutnya dari si Cowok? "Ditaruhnya di situ sih... terang aja tadi nggak keliatan!"

Kejadian semacam ini juga terulang kembali, ketika si Cowok mencari selai Strawberry dan tidak ketemu. Dia hanya menemukan selai Nanas, padahal selai Strawberry itu ada di belakang selai Nanas ... haiya, cowok.

Cowok kadang ngerasa cewek suka ngerjain mereka dengan cara ngumpetin barang-barang di laci atau lemari. Baik itu mentega, selai, gunting, handphone, kunci mobil, kunci rumah, dompet - semuanya sih sebenernya ada di situ. Tapi entah kenapa mata cowok kayaknya nggak bisa ngeliat.

Alasan sebenernya nih adalah karena cewek punya jangkauan sudut pandangan yang lebih besar daripada cowok. Bila diukur dari hidung, bisa mencapai 45° ke arah kiri-kanan-atas-bawah, bahkan ada yang mencapai 180°.

Jadi cewek bisa liat isi kulkas atau lemari tanpa menggerakkan kepalanya. Sementara cowok kalo ngeliat sesuatu lebih terfokus dan otaknya memproses seolah mereka ngeliat dalam terowongan yang panjang. Alhasil, mereka bisa ngeliat jelas dan akurat apa yang ada tepat di depan mata dan jaraknya lebih jauh, hampir mirip seperti ngeliat lewat teropong.

Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa otak cowok mencari kata M-E-N-T-E-G-A atau S-T-R-A-W-B-E-R-R-Y di kulkas. Kalo kotak mentega atau botol selainya salah arah, udah nggak keliatan deh. Makanya selama mencari kepalanya celingukan terus karena berusaha menemukan benda yang 'hilang' tersebut.

Sunday, October 3, 2004

Manusia Tidak Pernah Mendarat di Bulan?


Oleh : Sony Set. & Andra Nuryadi

Penerbit : Grasindo, 2004
Tebal : 155 halaman


Sejak pendaratan pertama di bulan pada tahun 1969, dunia seakan puas oleh peristiwa itu. Berita kesuksesan proyek Apollo 11 hingga Apollo 17 menjadi informasi tunggal bukti kedigdayaan manusia dalam menguasai jagad raya.

Dalam perjalanan waktu, teknologi berkembang pesat. Sayangnya setelah berpuluh-puluh tahun kemudian belum tersiar lagi berita pendaratan manusia di bulan.

Tak heran jika kemudian muncul wacana yang dikenal sebagai teori konspirasi yang mencoba memutarbalikkan bahwa manusia tidak pernah mendarat di bulan. Sebuah wacana yang mengajak kita untuk berani berpikir kritis, benarkah manusia pernah mendarat di bulan.

Salah satu hal yang disanggah dalam buku ini disajikan pada halaman 126.

Terdapat foto yang sangat terkenal, yaitu peristiwa pengibaran bendera Amerika Serikat oleh astronot Aldrin Buzz. Kita paham bahwa di bulan tidak terdapat udara, oksigen atau angin yang mampu membuat sesuatu dapat berkibar. Namun pada foto ini tampak jelas bahwa bendera Amerika Serikat tersebut berkibar. Anehnya NASA berkilah bahwa angin yang tejadi diakibatkan oleh "angin matahari".

Saturday, August 21, 2004

Kenalillah Cinta


Penulis : Tim Yayasan Kakak

Penerbit : Yayasan Kakak, 2004
Tebal : 72 halaman

Sering kali cinta lebih banyak dikaitkan dengan perasaan yang membara, seperti yang kita dengar dari lagu-lagu atau novel-novel yang berkisah cinta yang romantis.

Cinta bukan sebuah benda yang dapat dibentuk. Dalam kenyataannya cinta adalah pengalaman, merupakan suatu proses yang berkembang. Ia adalah tindakan dan perbuatan.

Banyak hubungan yang bermula karena cinta yang membara, tetapi dalam prosesnya berbalik menjadi malapetaka.

Dalam halaman 8 dan 9 kita akan mempelajari definisi dari kata cinta dengan cara membedakannya dengan kata naksir, suka dan sayang.

Naksir sifatnya taraf penjajakan dan pengetahuan dari masing-masing individu dan baru batas permukaan, dan banyak diliputi oleh ketertarikan, teringat bayangan dan keinginan dekat secara fisik, namun masih jauh atau belum mengetahui kekurangan dan kelemahan orang yang ditaksir.

Suka masih ada kaitannya dengan perasaan emosi atau afeksi, dan lebih menunjukkan minat seseorang terhadap hal-hal tertentu seperti penampilan fisiknya, kepandaiannya, prestasinya atau kekayaannya.

Sementara perasaan sayang lebih berlaku lebih umum seperti orang tua, adik, saudara atau sahabat.

Saturday, July 24, 2004

Etika Bisnis MQ

Kejujuran, Kebersihan Hati dan Kebermanfaatan


Oleh : Abdullah Gymnatsiar

Penerbit : MQ Publishing, 2004
Tebal : 109 halaman


Ada beberapa alasan mengapa kita harus membangun ekonomi dan perekonomian, diantaranya Aa Gym menjelaskan sebagai berikut :
- Ekonomi lemah berarti ibadah tidak bisa maksimal
- Ekonomi lemah menurunkan tingkat pendidikan
- Ekonomi lemah berarti tingkat kesehatan masyarakat rendah
- Ekonomi lemah berarti gerbang menuju penjajahan gaya baru

Lalu bagaimana persiapan untuk menjadi entrepeneurship
- Banyak membaca
- Miliki referensi kisah orang sukses
- Mencari rujukan pengusaha sukses
- Ikuti pelatihan dan kursus
- Praktikkan
- Miliki pengetahuan tentang bisnis

Lalu bagaimana etika bisnis yang baik, berikut adalah etika bisnis dari MQ
- Sedikit untung banyak laku
- Mudah dan menyenangkan
- Jujur
- Tepat janji
- Amanah
- Bertabur dzikir dan doa
- Sedekah melimpah

Sunday, June 27, 2004

World Class Manufacturing

Dekade Mendatang

Oleh : Richard J. Schonberger

Penerbit : PPM, 1996
Tebal : 271 halaman


Pada tahun 1985, faktor yang melahirkan industri adalah gagasan siklus (cycle time atau lead time) dan mutu (quality).

Kemudian lahirlah istilah dan konsep benchmarking, reengineering, activity-based costing, desain pabrikasi dan manajemen mutu terpadu oleh Deming, Juran, Ishikawa, Feigenbaum dan Crosby.

Sehingga muncul standar masa kini, yaitu konsep yang diterapkan dari rencana manajemen yang harus

  1. melayani kepentingan pelanggan
  2. mendapat komitmen dari keseluruhan perusahaan
  3. berdasarkan data dan fakta

Buku ini terdiri dari 10 bab yaitu,

  1. Kemunduran dan kebangkitan industri
  2. Membangun kekuatan melalui prinsip berfokus pelanggan
  3. Pengusaha terbaik : Bagaimana menilainya
  4. Jalur perbaikan
  5. Nilai dan penilaian
  6. Penguasaan baru atas produksi masal dan sepupu dekatnya
  7. Kaitan strategis
  8. Hambatan : Desain pabrik yang buruk, salah urus kapasitas
  9. Pembentukan ulang manajemen sumber daya manusia
  10. Mutu : Bayangkan suatu keajaiban
  11. Rencana sepuluh tahun

Sunday, June 20, 2004

100 Nasihat Kepemimpinan Aa Gym


Oleh : Abdullah Gymnatsiar

Penerbit : MQ Publishing, 2004
Tebal : 100 halaman


Beberapa nasihat kepemimpinan dari Aa Gym adalah sebagai berikut:

Kesedihan yang kita alami adalah sebuah fase untuk memperoleh kekuatan baru, bukan sebagai pintu kelemahan yang justru merugikan.

Seseorang memperoleh derajat hidup sesuai kadar kesungguhan dan perjuangannya. Tidak ada yang tertukar dari karunia Allah.

Salah satu kelemahan kita adalah mudah terbuai oleh mimpi-mimpi. Kita hanya larut dalam mimpi, tapi tidak bergerak dan bekerja meraihnya.

Karakter kepemimpinan itu adalah mempengaruhi. Saat ini kita butuh orang yang pandai mempengaruhi ke jalan kebaikan.

Bakat kepemimpina tidak dilahirkan, namun muncul sebagai keterampilan yang terus diasah dan ditumbuh-kembangkan.

Boleh saja kita marah asalkan tepat, adil dan kemarahan itu tidak menimbulkan akibat lebih buruk.

Sesekali berhentilah sekedar untuk bersantai. Bukan untuk terlena, namun membangun semangat untuk perjuangan berikutnya.

Bekerja keras adalah bagian dari fisik, bekerja cerdas adalah bagian otak dan kerja ikhlas adalah bagian dari hati.

Waktu bekerja bagi orang yang rajin adalah sekarang, sedangkan waktu bekerja bagi orang yang malas adalah besok.

Saturday, May 22, 2004

Kedahsyatan Doa


Oleh : Abdullah Gymnastiar

Penerbit : MQ Publishing, 2004
Tebal : 69 halaman


Doa dirancang sedemikian rupa oleh Allah SWT menjadi pendamping yang kokoh dan strategis bagi kesuksesan dunia dan akhirat.

Doa hakikatnya adalah penuntun kita untuk mengubah diri.

Kekuatan doa pada dasarnya akan menjadi efektif apabila kita sanggup mengubah diri kita melalui doa tersebut.

Doa adalah cita-cita, doa bagai pupuk dan bibitnya harus ditanam. Ini merupakan konsekuensi dari doa. Doa harus menjadi obsesi baginya untuk selalu melakukan kebaikan.

Doa adalah target dan sasaran yang harus kita capai. Doa adalah nilai atau value yang harus kita tepati.

---

Ketika menginginkan sesuatu selain usaha, hal yang dapat dilakukan adalah berdoa. Begitu pun dalam Islam. Selain itu dalam Islam, ada pula adab berdoa sebagai usaha agar doa terkabul.' Doa dapat memiliki banyak arti. Salah satunya, doa dapat diartikan sebagai ‘permintaan atau permohonan’.

Doa adalah senjata seorang muslim. Allah SWT akan selalu memberi ujian kepada manusia untuk membuktikan keimanannya. Tidak semua orang lulus melewati ujian ini. Jarang sekali kita menyadari bahwa takdir Allah yang menimpa kita adalah yang terbaik, dan ada hikmah dibalik semua kejadian itu. Barang siapa yang tahan akan ujian tersebut, nantinya akan mendapatkan apa yang diharapkan. Insya Allah.

Doa memang memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. bahkan, doa merupakan senjata orang beriman. oleh karena itu, sungguh satang jika kita tidak memaksimalkan doa-doa. buku kedahsyatan doa ini membahas tentang hakikat doa, yang selayaknya kita memohonkan kepada zat yang maha mengabulkan doa.


Malu Jadi Benalu

Ide Kemandirian Aa Gym


Oleh : Abdullah Gymnastiar

Penerbit : MQ Publishing, 2003
Tebal : 80 halaman


Keuntungan seorang entrepeneur adalah kemampuan diri untuk menciptakan suasana pekerjaannya menjadi suasana yang betul-betul mempunyai nilai manfaat tinggi.

Seorang entrepeneur tidak selalu identik dengan seorang pedagang, seorang guru, seorang karyawan, seorang ibu rumah tangga dimana kesemua profesi itu dapat menciptakan manfaat bagi orang lain serta tidak menjadi beban bagi yang lain.

Resep agar menjadi entrepeneur yang berhasil yaitu 
- Kejujuran
- Cakap
- Inovatif

Kunci keberhasilan entrepeneur sejati adalah bergantung pada masa kecilnya. Semisal pada masa kecil selalu dimanja, selalu dimudahkan urusannya, dan selalu ditolong maka siap-siaplah menuai anak yang tidak berdaya.

Sunday, May 9, 2004

Demi Masa

Menggenggam Waktu, Meraih Keunggulan Diri


Oleh : Abdullah Gymnatsiar

Penerbit : MQ Publisihing, 2004
Tebal : 96 halaman


Kunci efektivitas waktu adalah manakala kita selesai menuntaskan suatu urusan, segera bersiaplah untuk mengerjakan urusan lainnya.

Berikut adalah kiat praktis dalam manajemen waktu
- Biasakan tertib dan teratur
- Tahu dan taat aturan
- Tertib mengambil dan menyimpan
- Selalu rapi dan bersih
- Segalanya mudah dikenal
- Lalu lintas lancar

- Selalu terencana
- Harus ada target
- Rencana cadangan
- Disiplin dalam rencana
- Program harus adil

- Biasa dengan data dan informasi akurat
- Selalu jelas dan akurat
- Buka tahu tapi paham

- Sedia peralatan dan perlengkapan memadai
- Belilah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan
- Awali tahu aturan pakai
- Pergunakan oleh ahlinya
- Ready to combat
- Rawat berkala

- Jangan menunda dan mengulur waktu
- Selalu tepat waktu

- Biar cepat dan ringkas asal selamat
- Buat standar waktu
- Berlatih agar gesit dan tangkas

- Biasakan cek dan re-cek
- Buatlah cek list

Sunday, January 18, 2004

Juru Bicara Tuhan

Antara Sains dan Agama


Oleh : Ian G. Barbour

Penerbit : Mizan, 2002
Tebal : 341 halaman


Manusia pasti pernah disergap pertanyaan-pertanyaan fundamental dalam sejarah hidupnya, misal apa sebenarnya hakikat kehidupan dan kebenara.

Sekalipun penasaran bawaan semacam ini terkadang terlintas oleh kesibukan-kesibukan praktis sehari-hari, namun pertanyaan-pertanyaan tersebut tidaklah akan padam. Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan terus menuntut haknya, yaitu jawaban yang benar.

Untuk itu agama dan sains bertemu, masing-masing meng-klaim sebagai juru bicara kebenaran yang paling otoratif.

Misalnya untuk pertanyaan "bagaimana manusia pertama muncul?". Agama dan sains akan memberikan jawaban yang berbeda. Agama akan berbicara tentang Adam sebagai hasil ciptaan Tuhan, sementara sains akan berbicara mengenai manusia hasil dari produk teori evolusi.

Namun kita tidak boleh terburu menyimpulkan bahwa terdapat konflik antara Agama dan Sains dalam menyikapi fenomena yang dalam dunia ini. Karena sebenarnya terdapat jawaban-jawaban yang sejalan dengan kedua institusi ini.

Korelasi dengan rasionalitas itu dalam konteks Tuhan lebih jauh telah mempertimbangkan sifat misterius dan mengagumkan dari intelijibilitas yang melekat pada alam semesta, dan menjelaskan perasaan kuat tentang agama yang memanggil kita dan yang seperti dikatakan Einstein menjadi dorongan utama sains.

Wednesday, January 7, 2004

Forbes

Kisah-Kisah Bisnis Terbesar Sepanjang Masa


Penulis : Daniel Gross

Penerbit : Professional Books, 1997
Tebal : 400 halaman

Buku ini menarik untuk dibaca karena berisi mengenai perjalanan dari tokoh-tokoh sukses di seluruh dunia. Yang menceritakan proses mereka dalam meraih kesuksesan. Diantaranya adalah Henry Ford, Walt Disney, Ray Kroc (Mc Donald), Sam Walton (Wal-Mart) dan Bill Gates.

Tokoh-tokoh sukses diatas memiliki persamaan. Yaitu visi yang tidak kenal kompromi, kesediaan untuk mengambil resiko dan ketajaman wawasan bisnis yang luar biasa.

Persamaan berikutnya adalah mereka tidak hanya sekedar mengumpulkan kekayaan, namun mereka juga berhasil me-revolusi dunia bisnis dan membantu pembentukan masyarakat sebagaimana kita mengenalnya.

Dari 20 tokoh dengan kisah bisnisnya yang luar biasa dan sangat menginspirasi kita, salah satu kisah yang favorit buat saya adalag William Henry Gates III atau Bill Gates. Dimana dia adalah seorang programer komputer yang cenderung nerd (eksentrik) sekaligus menjadi pebisnis dengan mata tajam yang mampu menatap jauh ke depan.

The Heart of A Leader

Hati Seorang Pemimpin
Wawasan tentang Seni Mempengaruhi dan Memimpin


Oleh : Ken Blachard

Penerbit : Interaksara, 2001
Tebal : 155 halaman


Halaman 102 dalam buku "The Heart of A Leader", Ken Blachard menyebutkan bahwa "para pelatih juara menjadikan timnya siap mengubah taktik permainan"

Jika kita melihat sepakbola sebagai analogi pernyataan diatas, maka sebagai contoh kita bisa melihat tipe pemimpin seperti pelatih sepakbola Jose Mourinho saat melatih Inter Milan, atau Real Madrid atau yag terkini adalah Chelsea.

Jose Mourinho tidak segan-segan merubah taktik permainan dari timnya dari sebelumnya menyerang tiba bertahan total sehingga dikenal dengan strategi parkir bis, karena saking ketatnya para pemainnya dalam menjaga pertahanan dan gawang mereka.

Terkadang di dunia nyata sering kita temui hal yang membuat frustasi dengan orang-orang yang mengatakan kepada konsumen "Maaf, itu kebijakan kami", sekalipun itu tidak masuk akal.

Featured Post

Rahasia Nusantara

Candi Misterius Wangsa Syailendra Penulis : Asisi Suhariyanto Penerbit : GagasMedia, 2024 Tebal : 274 halaman Budaya bukan sekedar kesenian ...

Related Posts