Sunday, July 12, 2015

Biografi Ali bin Abi Thalib


Oleh : Prof. DR. Ali Muhammad Ash-Shalabi

Penerbit : Pustaka Al-Kautsar, 2012
Tebal : 710 halaman


Buku yang sangat tebal sekali ini sangat lengkap menceritakan kehidupan Ali bin Abi Thalib sedari kecil hingga dewasa menjadi Khalifah. Selain menceritakan biografi dengan runtun dan lengkap, juga dibahas mengenai fikih Amirul Mukminin.

Yang akan aku cukil dari buku biografi Ali adalah mengenai peringatan Ali terhadap berbagai penyakit yang berbahaya terutama penyakit hati, yaitu diantaranya adalah :
1. Kemaksiatan
2. Banyak angan dan mengikuti hawa nafsu
3. Riya (pamer)
4. Ujub (bangga pada diri sendiri)

Ali menjelaskan bahwa tanda orang yang riya adalah malas melakukan kebaikan jika dalam keadaan sendiri namun akan menjadi bersemangat melakukan kebaikan jika mendapatkan pujian dan otomatis akan berkurang jika mendapatkan celaan.

Disebutkan pula bahwa pada masa itu perbuatan riya termasuk syrik kecil.

Ujub merupakan penyakit bagi orang yang berilmu yang dapat menghancurkan amal kebaikan seseorang dan dapat membinasakan diri pelakunya.

Ujub merupakan sikap yang kadang muncul saat melakukan amal kebaikan. Ujub merupakan penyakit yang menjauhkan keikhlasan.

Sikap ujub akan mendorong seseorang untuk melakukan kesombongan.

Riya lebih berkaitan dengan orang lain, sedangkan ujub berkaitan dengan diri sendiri.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts