Wednesday, October 26, 2016

Go-Givers Sell More


Penulis : Bob Burg dan John David Mann

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2010
Tebal : 229 halaman


Kebanyakan dari kita mengalami keterbelakangan dalam bidang penjualan. Untuk menjadi ahli dalam bidang penjualan maka kita mengganti paradigma penjualan dari definisi usaha memperoleh dari orang lain menjadi definisi menjual adalah memberi kepada orang lain.

Mulai dari memberi waktu, memberi perhatian, memberi bimbingan, memberi edukasi, memberi nilai dan memberi empati. Juga dapat berarti memberi apresiasi, pengakuan, kebijaksanaan dan kasih.

Bagaimana praktek untuk memberi nilai?

Memberi nilai kepada orang lain adalah dapat dimulai dengan memberi salam kepada orang lain, cara berpakaian kita, dan cara kita dalam mengucapkan nama seseorang.

Dengan senantiasa memberi nilai kepada orang lain maka pangkalnya kita akan dapat memperoleh uang. Karena uang adalah sebuah gema dari nilai.

Prospects atau calon pelanggan berasal dari bahasa Latin, yaitu prospicere yang mempunyai arti "melihat jauh ke depan".

Dalam buku ini diberikan tips klasik dalam penjualan untuk menyentuh hati dari pelanggan, yaitu F-O-R-M, yaitu Family (keluarga) - Occupation (pekerjaan) - Recreation (rekreasi) - Message (berita).

Saat kita berinteraksi kepada orang lain, terkadang kita merasa malu, kikuk dan gugup, hal ini muncul karena kita terlalu fokus pada uang dan dan pada diri sendiri. Namun jika kita lebih fokus pada keingintahuan dan ketertarikan orang lain maka perasaan malu, kikuk dan gugup akan sirna.


Buku "Go-Givers Sell More" merupakan sekuel dari buku terkenal sebelumnya, "The Go-Giver." Buku ini menawarkan wawasan yang dalam tentang bagaimana menjadi penjual yang sukses dengan pendekatan yang berfokus pada memberi daripada menerima. Berikut adalah ringkasan isi utama dari buku tersebut:

Pesan inti buku ini adalah Prinsip "Go-Giver" yaitu bahwa pemberian adalah kunci keberhasilan dalam penjualan. Penulis menekankan bahwa tujuan utama dari setiap transaksi bisnis seharusnya bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan semata, tetapi juga untuk memberikan nilai yang substansial kepada pelanggan. Ketika seseorang fokus pada memberi, maka kesuksesan dalam penjualan akan mengikuti.



Dalam buku ini juga disinggung "Hukum 250" dari Joe Girard, seorang salesman terhebat, yaitu setiap orang mempunyai sekitar 250 orang yang akan menghadiri pernikahan dan pemakamannya. Sehingga jika kita berbuat buruk pada 1 orang, akibatnya bukan hanya pada 1 orang saja, namun juga terhadap 250 orang.

Ada satu hal lagi yang menarik yang menjadi perhatianku dalam buku ini, yaitu menyangkut zona nyaman. Daripada kita meninggalkan zona nyaman, ada baiknya kita mengubah zona nyaman tersebut dengan merenggangkannya sedikit atau kita perbesar zona nyaman tersebut dan atau kita tu bukan zona nyaman kita tersebut.

Berkata sedikit, namun berkomunikasi lebih banyak.

Wow, ini sangat mantap. Dicontohkan pula dalam buku ini bahwa The Bill of Right terdiri dari 660 kata, Gettysburg Address mi like Lincoln terdiri dari 267 kata, Sepuluh Perintah Allah terdiri dari 77 kata dalam bahasa Yahudi.


Buku ini menekankan pentingnya membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan. Hal ini mencakup pembangunan kepercayaan, komunikasi yang efektif, dan kesediaan untuk membantu pelanggan bahkan ketika tidak ada kesempatan bisnis yang konkret. Dengan memprioritaskan hubungan di atas penjualan langsung, seorang penjual dapat membangun basis pelanggan yang setia dan berkelanjutan.

Para penulis menekankan bahwa penjualan yang berhasil adalah tentang memberdayakan pelanggan untuk membuat keputusan yang terbaik untuk mereka. Hal ini melibatkan memberikan informasi yang jujur dan transparan, mengajukan pertanyaan yang membantu pelanggan memahami kebutuhan mereka dengan lebih baik, dan memberikan solusi yang relevan dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Buku ini juga membahas pentingnya membangun jaringan yang kuat dan bekerja sama dengan rekan-rekan bisnis untuk saling mendukung dan saling memperkuat. Kolaborasi yang baik dengan sesama penjual dan mitra bisnis dapat membuka pintu untuk peluang-peluang baru dan memperluas jangkauan pasar.

"Go-Givers Sell More" bukan hanya sekadar panduan penjualan biasa, tetapi merupakan pandangan yang mendalam tentang bagaimana memberikan nilai yang berkelanjutan kepada pelanggan dan membangun hubungan yang berarti dalam dunia bisnis. Melalui pendekatan yang berfokus pada pemberian, penulis membawa pembaca pada perjalanan untuk menjadi penjual yang sukses dengan integritas, empati, dan komitmen untuk memberikan nilai yang sejati kepada pelanggan.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts