Wednesday, October 19, 2016

Paradox Marketing

Unusual Way to Win


Oleh : Arief Yahya

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2012
Tebal : 210 halaman


Hal pertama yang aku baca dan perlu kita pahami yaitu marketing bukanlah sepenuhnya ilmu eksak sehingga persoalan yang meski waktunya sama kemungkinan menghasilkan yang berbeda.

Terdapat 3 pilar dalam pengembangan usaha, yaitu :
- Solid
- Speed
- Smart

Dalam usahanya agar menjadi lebih dekat dengan konsumen, banyak perusahaan yang menginginkan memanusiakan merk.

Dalam masa sekarang persaingan terjadi sangat tinggi, sehingga untuk menjadi pemenang dalam persaingan maka perusahaan dituntut mempunya keunggulan dalam hal cost structure.

Yang menjadi contoh adalah perusahaan bank Wells Fargo, dimana setelah mereka teliti biaya termahal adalah biaya kunjungan pelanggan. Sehingga pada tahun 1976 Wells Fargo mengeluarkan sebagian besar petugas teller lalu menggantiknya dengan ATM (Automatic Teller Machine).

Buku ini juga membahas sejarah Telkom. Dimana Telkom sudah berdiri sejak 23 Oktober 1856 sebagai perusahaan telekomunikasi pada saat itu yang melayani telegrap eletromagnetik yang menghubungkan Batavia dengan Buitenzorg atau antara Jakarta dengan Bogor.

Saat ini Telkom dimilik oleh Republik Indonesia dengan menguasasi saham mayoritas yaitu 53% saham. Berdasarkan data tahun 2012, Telkom melayani 147 juta pelanggan. Bahkan salah satu anak perusahaan, yaitu Telkomsel melayani 120 juta pelanggan.

Berdasarkan data tahun 2012 pula, Telkom mempunyai value setara dengan US$ 20 Milyar, sedangkan jika dibandingkan dengan perusahaan internasional misalnya Google mempunyai value US$ 218 milyar dan Facebook mempunyai value US$ 50 Milyar.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts