Wednesday, October 19, 2016

Meraup Rupiah dari Bisnis Jasa Konsultan


Oleh : Dandy Alexandra, AT

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2012
Tebal : 188 halaman


Untuk menjadi perusahaan yang baik, maka terdapat beberapa standarisasi internasional yang mengatur, diantaranya adalah
- Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001
- Sistem Manajemen Mutu ISO 9001
- Keselamatan dan Kesehatan Kerja OHSAS 18001

Menjadi seorang konsultan maka kita akan menjadi orang yang diluar sistem untuk menyelesaikan masalah sehingga dapat menyelesaikannya secara objektif karena dapat melihat secara lebih luas atau dengan apa yang disebut dengan helicopter view.

Menjadi seorang konsultan pun tidak hanya berbekal kemampuan teknis saja, namun juga harus mempunyai kemampuan non-teknis karena harus menyelesaikan yang berhubungan dengan kultur kerja dan kultur organisasi.

Selain itu juga menjadi konsultan juga harus mampu mengolah pikiran atau brainware karena yang dihadapi bukan hanya produk dan jasa namun juga sesuatu yang bersifat intangible.

Sehingga sebelum membuat solusi, seorang konsultan perlu melakukan riset dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data dan juga termasuk menyajikan informasi dengan benar, akurat dan lengkap.

Semua hal tersebut tidak mungkin seorang konsultan melakukan sendiri, perlu ada ada tim yang digerakkan, diarahkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Untuk itu seorang konsultan harus mempunyai kemampuan mengelola sarana, sumber daya manusia dan mengelola keuangan.

Tidak hanya sarana, sumber daya manusia dan keuangan saja yang dikelola, namun juga konflik. Konflik perlu dikelola karena dengan adanya konsultan maka akan membawa perubahan yang diakibatkan oleh penolakan dan keengganan. Konflik tersebut perlu dikelola misalnya dengan cara komunikasi lisan yang efektif dan konstruktif.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts