Saturday, October 8, 2016

Career First

Melangkah Pasti ke Dunia Kerja


Oleh : Maya Arvini

Penerbit : GagasMedia, 2014
Tebal : 201 halaman


Sebagai pejuang karier kita dituntut secara profesional mempunyai komitmen dan dedikasi terhadap pekerjaan dan terhadap perusahaan tempat kita bernaung. Selain komitmen dan dedikasi, hal lain yang wajib kita punya sebagai seorang pejuang karier adalah mempunyai integritas yang ditunjukkan dengan salah satunya menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Di dunia kerja dalam menuntut karier, kita mempunyai 2 opsi yaitu kompetensi manajerial yang berhubungan dengan pengelolaan organisasi dan kompetensi spesialis yang berhubungan dengan suatu keahlian tertentu dalam suatu bidang.

Satu hal yang menarik dalam buku ini adalah diterangkannya hidden talent atau sesuatu yang tersembunyi dalam diri kita mengenai diri kita yang akan keluar dengan sendirinya saat kita menghadapi masalah terutama masalah baru yang asing bagi kita.

Buku ini juga membahas mengenai tempaan mental yang dapat menumbuhkan semangat juang seseorang dalam menjalani karier. Sehingga suatu ujian dan halangan hanyalah sebuah tantangan yang harus dihadapi.

Dalam menghadapi masalah di dunia kerja, seseorang mempunyai 2 macam karakter, yaitu open-minded, yaitu seseorang yang mempunyai pikiran yang terbuka dan yang kedua adalah narrow-minded, yaitu orang yang mempunyai pikiran sempit. Tentunya yang baik adalah pilihan yang pertama, dan pada umumnya orang sukses adalah orang yang mempunyai pikiran terbuka terhadap segala hal.

Dan hal yang terakhir yang akan aku kutip yang tidak kalah penting adalah, kita harus memahami diri sendiri akan seberapa cepat kita mempelajari sesuatu. Sehingga dengan begitu kita akan tahu kapan harus berhenti sejenak karena selalu akan muncul titik jenuh. Saat berada pada titik tersebut itulah saatnya kita melambatkan ritme dan menyegarkan diri supaya siap dengan tantangan berikutnya.

Begitu halnya dengan olahraga, sebelum memasuki babak kedua, kita wajib berhenti sejenak untuk minum setelah habis-habisan bermain pada babak pertama.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts