Saturday, April 22, 2017

Jejak Sukses Jack Ma Alibaba.com

Jangan Mengeluh, Jangan Menyerah
Kisah Buaya di Sungai Yangtse
Inspirasi Bagaimana Bisnis Onlie Menguasai Dunia


Oleh : MS. Ardison
Penerbit : Ecosystem Publishing, 2017
Tebal : 148 halaman


Lahir pada tanggal 15 Oktober 1964 dengan nama Ma Yun di Hangzhou, China dengan masa kecil yang sering dilanda kesulitan secara finansial. Meskipun tubuhnya kecil nan mungil namun Ma Yun kecil tidak takut melawan teman-temannya yang lebih besar yang sering meledek karena tubuh Ma Yun yang kecil.

Pada tahun 1976, saat Ma Yun berusia 12 tahun, dia sering bersepeda ke hotel dekat Danau Hangzhou dengan tujuan agar Ma Yun bisa berkomunikasi dengan menceritakan kisah-kisah sejarah kepada turis dari luar negeri. Hal ini dilakukan selama  8 tahun lamanya. Atas perannya ini pula Ma Yun mempunyai sahabat pena yang dikarenakan kesulitan menyebutkan nama Ma Yun, akhirnya memanggilnya dengan nama Jack Ma.

Tahun 1995, Jack Ma berkunjung ke Amerika Serikat dan berkesempatan mencoba internet dan seketika itu Jack Ma merasa bahwa internet adalah masa depan dunia.

Di bangku sekolah, Jack M pernah merasakan gagal lulus kuliah sebanyak 2x. Selepas bangku SMA, Jack Ma gagal saat tes masuk ke Harvard sebanyak 10x. Juga untuk masuk kuliah di Universitas du Tiongkok, Jack Ma gagal dalam tes masuk sebanyak 2x. Namun akhirnya Jack Ma berhasil masuk kuliah di Hangzhou Teacher's Institute.

Selepas kuliah, Jack Ma melamar pekerjaan. Saat mendaftar sebagai pekerja di KFC, Jack Ma gagal. Saat mendaftar kepolisian, Jack Ma juga gagal. Dan akhirnya Jack Ma menjadi guru bahasa Inggris sesuai dengan cita-citanya.

Tahun 1999, Jack Ma mengumpulkan teman-temannya untuk mewujudkan misinya membentuk e-commerce yang bernama Alibaba. Jack Ma memulai Alibaba dari apartemen kumuh.

Tahun 2000, Jack Ma membuka kantor di Silicon Valley.

Sebelum tahun 2002, Alibaba masih belum mencatat keuntungan, namun di akhir tahun 2002 pula pada akhirnya Alibaba bisa mencatat keuntungan.

Tahun 2005, Alibaba mendapat suntikan dari Jerry Yang, sang pendiri Yahoo dengan membeli saham Alibaba sebanyak 40% senilai 1 milliar dollar.

Tahun 2007, Alibaba melakukan IPO di bursa saham dan berhasil meraup dana sebesar 1.7 miliar dollar.

Tahun 2013, Jack Ma mundur dari kursi CEO Alibaba.

Tahun 2015, omzet Alibaba meningkat 32% dari 3.49 miliar dollar menjadi 3.44 miliar dollar.

Ada satu ungkapan dari pidato Jack Ma yang menarik untuk direnungkan, yaitu sebagai berikut :
Sektor internet mengalami bubble atau gelembung jenuh ekonomi yang menyebabkan harga turun drastis yang kian hari kian membesar. Kapan gelembung bubble itu akan meletus?

2 comments:

  1. Thanks infonya mantep banget. Oiya, saya juga nemu referensi artikel lain nih yang ga kalah menarik. Di sini Jack Ma mengaku kalo dirinya tuh gaptek alias gagap teknologi. Lalu kenapa dia bisa membesarkan perusahaan teknologi seperti Alibaba ya? Cek selengkapnya di sini ya man teman: Terungkap, inilah rahasia sukses Jack Ma sebagai pemiliki Alibaba, padahal aslinya gaptek!

    ReplyDelete

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts