Wednesday, October 26, 2016

Mengelola dan Mengoptimalkan Aset Properti

Tanah - Rumah - Kos - Ruko - Apartemen - Rusunami - Condotel - Perkantoran


Oleh : Budi Santoso

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2011
Tebal : 167 halaman


Mengelola properti dibutuhkan orang yang berotak kanan terutama dalam mengelola aset properti. Dicontohkan dalam buku ini adalah perusahaan Donald Trump yang mempunyai ballroom di California yang menghadap lautan Pasifik. Saat itu ballroom hanya mampu menampung 300 orang saja. Sehingga manajemen tim sepakat untuk memperbesar ruangan tersebut.

Namun insting bisnis Donald Trump berkata lain, Trump lebih memilih mengganti kursi yang ada di ballroom menjadi kursi yang lebih kecil sehingga dapat memuat orang lebih banyak yaitu sekitar 400 orang.

Ide ini tidak hanya menghemat jutaan dollar namun juga dapat membuat uang tambahan dari penjualan kursi tua sebelumnya.

Tips lain yang sangat mengena adalah mengenai sertifikat tanah, dimana sebaiknya sertifikat dibagi dan dipisah menjadi beberapa meski atas nama yang sama. Misalnya kita mempunyai sebidang tanah dengan luas 1000 meter persegi, kemudian kita buat menjadi 4 sertifikat dengan masing-masing luas 250 meter persegi.

Selain sertifikat tanah, dokumen penting lainnya yang wajib kita tahu adalah IMB atau Izin Mendirikan Bangunan, Surat Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB, Surat Pemasangan Instalasi Listrik, Air dan Telepon.

Tips yang ingin aku baca adalah usaha properti yang digunakan untuk kos, yaitu aset rumah yang disewakan kepada orang lain yang bukan pemiliknya. Mengapa kos, karena rumah selain mudah dikelola juga bebas pajak atau retribusi dari pemerintah.

Untuk kos atau persewaan rumah diatur oleh pemerintah dalam Peraturan Pemerintah no 44 / 1994 tentang Penghunian Rumah oleh Bukan Pemilik.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts