Saturday, October 8, 2016

Sejarah Ideologi Dunia

Kapitalisme, Sosialisme, Komunisme, Fasisme, Anarkisme, Anarkisme-Marxisme, Konservatisme


Oleh : Nur Sayyid Santoso Kristeva, M.A

Penerbit : Lentera Kreasindo, 2015
Tebal : 219 halaman


Ideologi merupakan ilmu dan logika yang membahas mengenai pemikiran, konsep dan keyakinan. Di dunia ini dari masa ke masa dan dari belahan dunia ke belahan dunia berkembang ideologi yang berbeda-beda.

Abad 14 & 15 M, dunia mengalami peralihan dari zaman feodal ke zaman modern, dimana sistem perekonomian dunia berkembang pada dengan sistem kolonialisme dimana di Inggris menjadi tempat akumulasi modal yang kemudian terdistribusi ke seluruh dunia.

Tahun 1571, Martin Luther memberikan dasar teosofik ideologi kapitalisme dengan tulisan protes pada gereja Roma.

Tahun 1776, Adam Smith memberikan dasar ekonomi akan ideologi kapitalisme pada buku dengan judul The Wealth of Nations, yang kemudian dari buku ini berkembang ideologi kapitalisme.

Abad 18 M, mulai berkembang sistem kapitalisme di Inggris yang kemudian menyebar ke daratan Eropa. Ditandai dengan mesin pemintal yang mendukung industri sandang yang kemudian menjadi Revolusi Industri di Inggris.

Tahun 1830 terjadi revolusi di Perancis, pada saat itu kemudian munculah benih komunis sebagai reaksi dari kapitalisme.

Tahun 1914, terjadi Perang Dunia I yang kemudian menjadi momentu utama berkembangnya ideologi kapitalisme di dunia.

Tahun 1917, terjadi revolusi Bolshevik di Rusia yang menjadi tonggak disebarluaskannya ideologi komunis yang kemudian dianut oleh Tiongkok oleh Mao Tse, Vietnam, Korea Utara oleh Kim Sum, Kuba oleh Fidel Castro dan Laos serta tentunya di Rusia oleh Stalin dan Lenin.

Tahun 1922, Mussolini menguasasi Italia dengan paham fasisme.

Tahun 1933, Adolf Hittler memerintah Jerman dengan paham fasisme.

Dipercaya ideologi kapitalisme ini ditunjang oleh segitiga konspirasi yang menjadi 3 pilar neo klasik, yaitu TNC (Trans National Company), World Bank atau IMF dan WTO.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts