Tuesday, July 28, 2020

100 Questions & Answers

Alergi pada Anak

Oleh : Chairinniza K. Graha

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2010

Tebal : 228 halaman


Konon, salah satu penguasa Mesir, Firaun pada masa lampau mengidap alergi sehingga meninggal akibat sengatan lebah. Penguasa lain, Kaisar Augustus mengidap asma yang cukup parah. Dan raja Inggris yang bernama Richard III mempunyai alergi terhadap buah strawberry.

Pada tahun 1906, alergi pertama kali diperkenalkan oleh Clemens von Pirquet, seorang dokter dari Austria. 

Sehingga alergi merupakan hal yang cukup lumrah. Berdasarkan study internasional, 25-30% anak menderita alergi. Salah satu faktornya adalah buangan udara dari industri sehingga menimbulkan polusi dan mempengaruhi keseimbangan zat-zat dalam udara. Selain tentunya adalah asap rokok.

Asap rokok dapat menyebabkan peningkatan Imunoglobulin E pada tubuh, dimana Imunoglobulin ini merupakan faktor yang meningkatkan terjadinya resiko alergi. Dan dapar menimbulkan pengaruh pada kesensitifan daya tahan pada tubuh.

Anak-anak dan orang yang sensitif terhadap asap rokok dapat membuat mereka mudah jatuh sakit, dimana asapnya dapat menimbulkan radang, membuat darah mengental sehingga mempengaruhi metabolisme di tubuh.

Bagi orang yang peka, paparan sinar matahari secara langsung dapat memicu sistem kekebalan, dimana tubuh dapat bereaksi berlebihan dan menimbulkan reaksi alergi, misalnya gatal-gatal dan muncul ruam merah-merah. 

Alergi disebabkan oleh alergen, yaitu partikel yang dapat menimbulkan alergi. Partikel alergen ini masuk bersamaan dengan udara yang dihirup saat bernafas, dan memberikan reaksi di saluran pernafasan.

Salah satu reaksi alergi pada tubuh adalah pada saluran nafas yang sering menyerang organ kekebalan tubuh. Gejala yang timbul pada umumnya adalah batuk dan pilek sebagai reaksi alergi. Gejala ini akan semakin terlihat dan parah pada malam hari. Dikarenakan saat itu kondisi fisik dan mental anak kelelahan.

Anak yang memiliki alergi pernafasan tidak masalah untuk berolahraga, bahkan dengan olahraga justru akan membantu menjaga kestabilan tubuh anak sekaligus melatih otot-otot dan fungsi paru-paru dengan baik.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts