Wednesday, March 8, 2017

Membuat Anak Rajin Belajar Itu Gampang


Oleh : Saeful Zaman, S.Psi & Aundriani Libertina

Penerbit : Transmedia Pustaka, 2012
Tebal : 117 halaman


Kematangan belajar anak tidak hanya berdasarkan kemampuan kognitif belaka, namun juga ada faktor lainnya, yaitu aspek kematangan sosial, dimana anak apakah mampu berinteraksi dengan teman atau tidak.

Jika tidak maka akan mempengaruhi kondisi psikologis, tidak hanya sekedar cemas, bosan, malas hingga mogok sekolah, namun juga mempengaruhi tingkat kedisiplinan, kerajinan dan ketelitian. Karena di dunia kerja, bekal pendidikan akademis saja tidaklah cukup, namun juga perlu ditunjang oleh kecakapan mengelola emosi, kemampuan beradaptasi, bertanggung jawab dan kemandirian.

Ada prinsip belajar yang perlu diketahui oleh kita, yaitu bahwasanya belajar meningkatkan kita pada :
- dari yang diketahui ke yang belum diketahui
- dari yang mudah ke yang sukar
- dari yang dekat ke yang jauh
- dari yang sederhana ke yang kompleks
- dari yang sempit ke yang lebar
- dari yang kecil ke yang besar

Yang tidak kalah penting, kita perlu mengetahui gaya belajar anak kita. Lalu kemudian tugas kita untuk menyesuaikan gaya belajar anak kita tersebut. Gaya belajar atau learning style tersebut ada 4 yaitu :
  1. Auditori
  2. Visual
  3. Reading
  4. Kinestetik
Gaya belajar auditori adalah gaya belajar yang mengandalkan pendengaran, sehingga tipe anak ini harus mendengarkan informasi terlebih dahulu. Ciri dari anak ini adalah mengenal banyak sekali lagu dan suka berbicara.

Gaya belajar visual adalah gaya belajar yang menitikberatkan akan ketajaman penglihatan, misalnya dengan materi yang bergambar. Ciri dari anak ini adalah kurang suka berbicara di depan kelompok dan biasanya kurang dapat mengingat informasi secara lisan.

Gaya belajar reading adalah gaya belajar yang bertumpu pada catatan atau tulisan, dan tentu saja ciri dari anak ini adalah suka membaca dan suka membuat catatan.

Dan gaya belajar yang terakhir adalah gaya belajar kinestetik yaitu mempunyai ciri anak harus menyentuh sesuatu untuk mempermudah daya ingat. Ciri dari anak dengan gaya belajar gaya kinestetik adalah tidak tahan duduk manis berlama-lama.
  1. Dalam buku ini juga diberikan beberapa tips belajar bagi anak, dan beberapa saya catat sebagai berikut :
  2. Mencatat pokok-pokok pelajaran
  3. Membaca adalah kunci belajar
  4. Belajar itu memahami (bukan hanya sekedar menghafal)
  5. Hafalkan kata-kata kunci
  6. Sediakan waktu untuk istirahat


No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts