Sunday, March 19, 2017

Produktivitas Apa dan Bagaimana


Oleh : Drs. Muchdarsyah Sinungan
Penerbit : Bumi Aksara, 2014
Tebal : 154 halaman


"Produktivitas Apa dan Bagaimana" merupakan buku yang ditulis oleh Drs. Muchdarsyah Sinungan yang membahas konsep produktivitas, pentingnya produktivitas dalam kehidupan sehari-hari, dan strategi praktis untuk meningkatkan produktivitas.

Buku ini memberikan pemahaman mengapa produktivitas memiliki peranan penting dalam kehidupan kita dan mengungkapkan manfaat yang dapat kita peroleh dari peningkatan produktivitas.

Buku ini membahas konsep produktivitas dan cara mengukurnya serta faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas. Yaitu mulai dari manajemen waktu yang efektif, organisasi dan tata kelola, keterampilan komunikasi yang efektif, hingga menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Buku ini memberikan strategi praktis untuk mengelola waktu dengan bijaksana, mengoptimalkan lingkungan kerja, meningkatkan keterampilan komunikasi, serta menciptakan keseimbangan yang sehat antara kehidupan profesional dan pribadi.

Pengukuran produktivitas digunakan untuk menganalisa efisiensi produksi dari perusahaan. Produktivitas dapat dihitung dengan membagi pengeluaran yang digunakan dengan jam kerja. Definisi lain menyatakan bahwa produktivitas adalah perbandingan biaya masukan dan hasil. Atau jika dituliskan dalam bentuk formula adalah sebagai berikut :

Produktivitas = Output / Input

Produktivitas = Output dalam jam standar / Input dalam jam waktu

Untuk meningkatkan produktivitas dibahas pula sebagian tips yaitu dengan melakukan komunikasi "atas-atas", "atas-bawah" dan komunikasi "bawah-bawah". Serta dihindari komunikasi dan hierarki yang terlalu panjang karena akan berjalan dengan tidak efektif dan efisien.

Selalu saja ada yang kontra yaitu orang yang memiliki sikap mental dan cara pandang tidak produktif, misalnya :
  1. Menganggap dapat meraih sesuatu tanpa bekerja keras
  2. Takut mengambil keputusan karena resiko
  3. Merasa ada besok yang seharusnya bisa sekarang
Untuk itu kita harus memahami sistem yang ada diperusahaan. Sistem didefinisikan sebagai sekelompok unsur-unsur yang diatur sehingga saling berkaitan sebagai suatu kesatuan integral. Selain itu tidak kalah penting adalah mengenai kualitas yang digalakkan dengan program Total Quality Control (TQC), yaitu suatu sistem manajemen untuk pelaksanaan dari konsep produktivitas dalam perusahaan untuk mencapai hasil secara efektif dan efisien.

Di bidang produksi yang perlu dikembangkan dalam produktivitas adalah
  1. Mengurangi lost time
  2. Mengurangi repair time
  3. Mengurangi kecelakaan kerja
  4. Menjaga kebersihan lingkungan kerja
  5. Pencatatan hasil kerja
  6. Perbaikan sistem dan metode kerja
Dan terakhir untuk membentuk sikap mental dan sikap sosial maka perlu diciptakan iklim
  1. Sense of belonging
  2. Sense of responsibility
  3. Sense of self correction

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts