Sunday, March 19, 2017

Memimpin dengan Hati Bukan dengan Besi

Para Pemimpin yang Dicintai Rakyatnya


Oleh : Indra Prasetyo

Penerbit :Buku Biru, 2013
Tebal : 192 halaman


Terdapat 23 tokoh berasal dari Indonesia yang diangkat dalam buku ini. Yang terbagi menjadi 2 yaitu sebagai pemimpin bangsa dan sebagai kepala daerah. Para tokoh ini menjadi aset bangsa Indonesia yang dapat membawa bangsa Indonesia menuju kesuksesan.

Sangat disayangkan jika para tokoh tersebut diadu hingga menjadi bermusuhan hanya dikarenakan panggung pemilu. Akan sangat bermanfaat jika semua tokoh tersebut bahu-membahu bekerja sama demi membangun bangsa Indonesia.

Ke-23 tokoh tersebut adalah sebagai berikut :

Para Pemimpin Bangsa yang Teladan (12)
  1. Dahlan Iskan
  2. Mahfud MD
  3. Abraham Samad
  4. Anies Baswedan
  5. Sri Sultan Hamengkubuwono X
  6. Muhammad Jusuf Kala
  7. Said Aqil Siradj
  8. Ahmad Syafi'i Ma'arif
  9. Irman Gusman
  10. Bibit Samad Rianto
  11. Chairul Tanjung
  12. Hary Tanoesoedibjo

Para Kepala Daerah yang Teladan (11)
  1. Joko Widodo
  2. Syahrul Yasin Limpo
  3. Tri Rismaharini
  4. Basuki Tjahja Purnama
  5. Jusuf Serang Kasim
  6. Herry Zudianto
  7. David Bobihoe Akib
  8. Andi Hatta Marakarma
  9. Suyanto
  10. Ilham Areif Sirajuddin
  11. Fadel Muhammad


Dahlan Iskan terkenal dengan gaya kepemimpinan authentic leadership seperti yang ditunjukkannya saat menjabat menjadi Menteri BUMN ataupun saat menjadi CEO surat kabar Jawa Pos dan Jawa Pos  News Network. Selain itu Dahlan Iskan juga merupakan tipe orang pemberani, yaitu berani mengambil resiko demi kemajuan dan kesuksesan.

Mahfud MD sangat terkenal terlebih saat menjabat menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi. Dimana gaya kepemimpinan yang tegas, berani dan elegan sering ditunjukkannya terutama saat kita lihat di layar televisi. Dari sana terlihat bahwa Mahfud MD lebih memperjuangkan untuk melindungi orang-orang yang tertindas oleh hukum.

Gaya kepemimpinan dari Anies Baswedan terutama dari gaya bicara terlihat merupakan calon pemimpin sejati. Hal ini tidak mengherankan jika kita mengetahui bahwa kakeknya yaitu Abdur Rahman Baswedan atau yang lebih dikenal dengan A.R. Baswedan dimana semasa hidupnya A.R. Baswedan merupakan tokoh yang tidak hanya memperjuangkan kemerdekaan tapi juga nilai kemanusiaan dan kejujuran.

Chairul Tanjung termasuk 10 orang terkaya di Indonesia, sebagai pengusaha Chairul Tanjung terkenal karena memimpin dengan hati sehingga perusahaan Pura Corp sekarang berkembang pesat dibawah bendera CT Corp. Perusahaannya meliputi bank Mega dibawah bendera Mega Corp, kemudian yang lain adalah Trans Corp (Trans TV & Trans 7) dan CT Global Resource.

Saat buku ini ditulis, status Joko Widodo atau Jokowi adalah masih sebagai gubernur DKI Jakarta. Gaya kepemimpinan dari Jokowi yang tegas, lugas, bijaksana namun santun mengantar pengusaha mebel merangkak naik dari Walikota Solo, Gubernur Jakarta hingga sekarang menjadi Presiden Republik Indonesia.

Dan tokoh terakhir yang aku angkat dari buku tersebut adalah Walikota Surabaya, yaitu bu Risma yang mempunyai nama lengkap Tri Rismaharini. Surabaya tidak hanya sekedar bersih namun juga menjadi kota yang nyaman. Hal ini dikarenakan kerja keras bu Risma yang terkenal ulet dalam menjalankan tugasnya misalnya dengan tidak mau menunda-nunda pekerjaan. Sehingga di mobil bu Risma selalu tersedia perlengkapan kerja mulai dari tas, sepatu, topi, sapu, gunting dan caping.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts