Wednesday, March 8, 2017

Anda Bertanya Ustadz Menjawab


Oleh : H. Amirulloh Syarbini, M.Ag & Dr. H. Hasbiyallah, M.Ag

Penerbit : Ruang Kata, 2013
Tebal : 211 halaman


Ada banyak hal yang menjadi poin tanya jawab dalam buku ini. Namun hanya beberapa poin saja yang akan saya kutip, yaitu sebagai berikut :

Mandi wajib. Tata cara mandi wajib sebenarnya mirip mandi pada umumnya, namun ada 2 rukun mandi wajib yang harus dipenuhi, yaitu niat dan menyiramkan air ke seluruh tubuh. Ada beberapa sunnah yaitu membaca basmalah, mencuci kedua tangan sebanyak 3x, mencuci kemaluan, berwudhu, mandi dengan diawali mengalirkan air ke bagian sebelah kanan dan menggosok seluruh tubuh.

Sholat atau shalat. Shalat adalah pemisah seseorang dari kekafiran. Sehingga wajib bagi kita umat muslim untuk menunaikan sholat dalam kondisi apapun sesuai dengan kemampuan meskipun hanya dengan isyarat kedipan mata. Orang yang dengan sengaja meninggalkan sholat wajib bertaubat karena telah melakukan dosa besar, bahkan bisa terjerumus pada jurang kekafiran.

Mendahulukan berbuka saat puasa. Saat memasuki waktu berbuka maka sebaiknya kita berbuka dulu sebelum sholat magrib dengan makan kurma atau berbuka dulu meskipun berbuka dengan seteguk air.

Doa. Sebagai manusia yang lemah maka kita perlu mendapatkan pertolongan dari Allah semata yaitu dengan cara memanjatkan doa. Karena dengan doa, yang lemah menjadi kuat, yang pengecut menjadi pemberani, yang pesimis menjadi optimis yang sakit menjadi sembuh.

Hijab. Seperti yang kita ketahui, adalah wajib bagi pria ataupun wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat dengan mengenakan hijab. Hijab bagi wanita salah satunya adalah dalam bentuk jilbab modern atau hijab style. Hijab style atau hijab yang mengikuti mode dengan desain terbaru diperbolehkan dalam Islam asalkan memenuhi syarat sebagai berikut :
  1. Menutup aurat seluruh tubuh kecuali wajah dan tangan
  2. Tidak terlalu ketat
  3. Tidak transparan
  4. Tidak memakai wewangian berlebihan
  5. Tidak mengenakan perhiasan atau aksesoris secara berlebihan
  6. Tidak menggunakan pakaian glamour secara berlebihan

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts