Wednesday, July 29, 2020

Q&A Smart Parents for Healthy Children

Intisari : Seri Kesehatan Anak


Oleh : dr. Purnawati S. Pujiarto, SpAK, MMPed

Penerbit : PT Intisari Mediatama, 2008
Tebal : 582 halaman


Edukasi dan informasi yang objektif dalam hal kesehatan sangat penting terutama bagi mereka yang baru merintis keluarga baru. Dalam hal ini adalah kesehatan bagi sang buah hati. Karena terdapat kekosongan informasi di kalangan konsumen kesehatan.

Buku ini menjadi inti sari dari obrolan mailing list sehat@yahoogroups.com.

Banyak sekali yang diulas, salah satunya adalah mengenai demam. Deman bukanlah sebuah penyakit, karena demam adalah alarm bahwa telah terjadi sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh. Jadi fokuslah pada penyakitnya, bukan pada demamnya. Karena demam juga menjadi bagian dari sistem pertahanan tubuh untuk membasmi penyakit. Sehingga jika pun kita memberikan obat penurun panas, tujuannya bukanlah untuk menormalkan suhu tubuh, namun sekedar menurunkan suhu tubuh anak agar nyaman.

Begitu pula batuk, batuk bukanlah penyakit, namun merupakan gejala, sebagai mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran nafas dan paru dari mikroorganisme, lendir dan benda asing.

Dan terakhir tentang antibiotik, bahwa antibiotik tidak mempan terhadap virus. Kuman dan bakteri penyebab penyakit memang akan segera mati, namun juga dapat menyebabkan bakteri tersebut menjadi kebal dan dapat menyebabkan penyakit yang lebih berat, lebih lama.

Jadi bijaklah dalam menggunakan obat antibiotik.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts