Saturday, July 11, 2020

Kiat Menjadi Seorang Konsultan Ulung

Oleh : Sally Garratt

Penerbit : Binarupa Aksara, 1996

Tebal : 165 halaman


Menjadi seorang konsultan harus mempunyai disiplin diri yang kuat, serta harus dapat menyisihkan waktu untuk prioritas yang lain misalnya keluarga, teman, hobi dan rekreasi.

Seorang konsultan manajemen harus mampu mengidentifikasi strategi, kebijakan, pasar, organisasi, prosedur dan metode. Menjadi seorang konsultan akan menjadi orang luar yang selalu dapat disalahkan jika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan rencana.

Menjadi konsultan anda dapat menjadi konsultan independen yang bekerja sendiri dan mandiri. Kita juga dapat menjadi mitra atau juga dapat menjadi sebuah PT (Perseroan Terbatas).

Dengan memilih kemitraan kita harus memiliki perjanjian tertulis. Didalamnya disebutkan pula bagaimana pembubaran bubar sama seperti bagaiman membentuknya. Dalam kemitraan tidak hanya memadukan keterampilan, pengetahuan dan sumber daya termasuk modal tentunya.

Bikin juga persetujuan peran dan kontribusi, termasuk tugas dan tanggungjawab serta kewajiban dan hak. Pengaturan waktu dan pembayaran juga termasuk didalamnya.

Jika memilih Perseroan Terbatas, akan terdapat audit laporan keuangan, aturan perpajakan dan kebijakan asuransi.

Biaya dan harga sebagai jasa konsutasi perlu ditetapkan.

Infrastruktur, sebagai pendukung dalam memutar roda organisasi perlu ada. Salah satunya adalah kop surat dan alat-alat kantor.

Biasakan mempunyai laporan sebagai bentuk komunikasi tertulis. Termasuk untuk sebuah proyek yang tidak sukses seperti yang diharapkan. Pelajari kesalahan dalam proyek tersebut. Kita dapat mendapatkan petunjuk bermanfaat dari melakukan peninjauan atas proyek tersebut dari menulis laporan singkat tadi.

Menetapkan standar tinggi dan sasaran realistik memang baik, namun bisa berbahaya jika menjadi terobsesi dengan ingin selalu melakukan semuanya dengan benar dan sempurna.

Dalam membuat laporan, tulis ide dan alasan. Lalu buat filing dalam map lalu ditata dalam lemari. Dalam membuat filing tips sederhana tapi mengena adalah kerjakan setiap hari.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts