Saturday, December 12, 2015

Kecil-Kecil Kaya Raya

70 Kisah Inspiratif Anak-Anak yang Sukses Menjadi Pengusaha


Oleh : Ira Puspitorini

Penerbit : Indoliterasi, 2015
Tebal : 299 halaman


Tidak menyangka ternyata anakku tiba-tiba punya untu memulai bisnis. Sejak akhir November 2015, sudah ada 3 jenis ala anak SD yang dia jalankan yang berakhir dengan sukses.

Karena kewalahan dan merasa tidak punya pengalaman bisnis, maka aku membeli buku yang sekiranya dapat memberikan dia inspirasi dan semangat dalam mengembangkan bisnisnya.

Dan akhirnya ketemu buku yang cocok, "Kecil-Kecil Kaya Raya".

Pada umum anak seusia bangku sekolah dasar (SD) mampu memiliki rasa pede (percaya diri) karena mereka tidak berpikir untuk malu terhadap orang lain. Dan kita sebagai orang tua perlu menumbuhkan rasa percaya diri tersebut terutama saat berinteraksi dengan orang lain. Yang tidak kalah penting adalah anak dapat belajar memecahkan masalah, kreatif dan inisiatif yang tinggi.

Tips pertama yang dapat diambil dalam buku ini adalah "temukan apa yang anak kita sukai lalu temukan bagaimana mendapatkan uang dari hal yang disukai tersebut."

Kesulitan terbesar dalam mengembangkan bisnis bagi anak kecil adalah membagi waktu. Tips kedua adalah cara membagi waktu, yaitu "bagi 3 waktu sepulang sekolah, 1/3 untuk mengerjakan PR, 1/3 untuk mengurus bisnisnya dan 1/3 terakhir untuk bermain dengan adiknya."

Tips ketiga adalah kunci sukses dalam mengembangkan bisnis, "yaitu planning, executing dan branding (perencanaan, pelaksanaan dan membangun merek barang)"

Dan yang terakhir yang perlu diingat adalah siklus dalam mengembangkan bisnis bagaikan roller coaster, yaitu naik turun, namun yang terpenting dari siklus naik turun tersebut adalah bagaimana cara kita bangkit dari kegagalan.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts