Tuesday, December 29, 2015

Good to Great

Alasan Sejumlah Perusahaan Berhasil Membuat Lompatan dan Yang Lain Gagal


Penulis : Jim Collins

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2014
Tebal : 363 halaman


Yang menarik dari buku tebal ini yang pertama adalah mengenai hierarki 5 level mengenai kepemimpinan. Yaitu diantaranya adalah :
Level 1 : Individu yang Sangat Cakap
Level 2 : Anggota Tim yang Berkonstribusi
Level 3 : Manajer Kompeten
Level 4 : Pemimpin Efektif
Level 5 : Eksekutif Level 5

Yang kepemimpinan Level 1 : Individu yang Sangat Cakap, yaitu individu yang mampu memberikan konstribusi secara positif melalui bakat, pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan kerja yang baik

Lalu kepemimpinan Level 2 : Anggota Tim yang Berkonstribusi adalah kita sebagai anggota suatu organisasi mampu menyumbangkan kemampuan untuk mencapai tujuan tim serta bekerja secara efektif.

Kemudian kepemimpinan Level 3 : Manajer Kompeten ialah kita sebagai manajer atau pemimpin mampu mengelola orang dan menata sumber daya serta secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan yang telah ditentukan.

Sedangkan Level 4 : Pemimpin Efektif merupakan tingkat kepemimpinan yang mampu memberikan motivasi dengan visi yang baik sehingga orang mempunyai komitmen dengan tekad baja mengejar, demi standart kerja yang tinggi.

Dan yang terakhir adalah Level 5 : Eksekutif Level 5 yang merupakan tingkatan tertinggi kepemimpinan yang mampu membangun kejayaan dengan segala kerendahan hati dan tekad profesional.

Contoh dari pemimpin dari Level 5 : Eksekutif Level 5 adalah Abraham Lincoln. Memang banyak orang yang salah mengartikan Abraham Lincoln sebagai pribadi yang lemah karena kepribadiannya yang mempunyai sifat rendah hati, pemalu dan agak canggung.

Selain mengenai kepemimpinan, dalam buku ini juga disebutkan teori atau konsep landak, yaitu yang terdiri dari 3 hal, yang dapat dinyatakan ke dalam 3 pertanyaan, diantaranya adalah sebagai berikut :
Bidang dimana Anda bisa menjadi yang terbaik?
Apa yang mendorong mesin ekonomi anda?
Bidang di mana Anda memiliki gairah terbesar?

Contoh dari konsep landak ini adalah Boeing, dimana Boeing dulu hanyalah perusahaan yang membuat pesawat khusus untuk keperluan militer saja, namun saat ini Boeing sudah menjadi kian besar setelah terjun pula di dunia industri pesawat terbang komersil.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts