Saturday, October 24, 2020

Clear Teamwork dalam Bisnis

Leading and Managing Field Operation Team

Oleh : Ir. Fl. Titik Wijayanti, MM

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2015

Tebal : 279 halaman


Filosofi perusahaan atau Corporate philosophy perusahaan harus dimiliki dalam menjalankan bisnisnya yang harus dimengerti oleh semua manajemen yang dibuat sejak perusahaan berdiri oleh founder perusahaan yang dibuat secara korporasi.

Filosofi perusahaan merupakan dasar kebijakan perusahaan yang digunakan untuk mengembangkan dan merancang pandangan mengenai hidup perusahaan. Filosofi perusahaan ini akan mempengaruhi perilaku dan gaya individu tiap personel perusahaan.

Filosofi perusahaan ini berbeda dengan visi dan misi. Namun visi dan misi ini harus mendukung filosofi perusahaan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kesuksesan sebuah perusahaan sangat bergantung pada kemampuan manajemen dalam membaca dan mengantisipasi perubahan.

Goal atau tujuan dari perusahaan yang akan dicapai haruslah yang dapat terukur baik secara kualitatif maupun kuantitatif, baik secara volume atau value, baik target konsumen maupun target penjualan.

Ada 3 karakteristik pemimpin versi Drucker, yaitu Head (kepandaian), Heart (kelapangan hati) dan Gut (keberanian mengambil keputusan dengan resiko terukur)

Marketing plan terdiri dari marketing strategy (segmentasi, targeting dan positioning) dan marketing mix 4P (product, price, promotion dan placement). Kesemuanya menjadi image perusahaan.

Promosi dibedakan menjadi 2, yaitu above the line (thematic) sebagai program jangka panjang dengan maksud brand building (membangun brand) sehingga produk kita menjadi Top of Mind dalam pikiran konsumen. Hal ini bisa dibangung misalnya dengan membuat film berdurasi 60 detik.

Sedangkan yang berikutnya below the line sebagai program jangka pendek, misalnya dengan program diskon, pemberian gimmick seperti kalender, gelas dan lainnya.

Kemampuan khusus yang harus dimiliki dalam teamwork adalah PKSA yaitu Passion (semangat), Knowledge (ilmu pengetahuan), Skill (keahlian) dan Ability (bakat).

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts