Friday, February 7, 2020

The World as I See It

Dunia Sebagaimana yang Saya Pahami


Oleh : Albert Eistein

Penerbit : Millennial Readers, 2019
Tebal : 132 halaman


Einstein dengan pikiran-pikirannya memang dapat membuat takjub kita dengan prestasinya yang hanya bisa diukur oleh sedikit orang yang bisa memahami penalaran dari simpulannya.

Albert Einstein lahir tahun 14 Maret 1879 di Ulm Jerman lalu pindah ke Munich, dan kemudian meninggal di Amerika Serikat pada tanggal 18 April 1955. Oleh gurunya, Einstein dianggap murid yang tidak pintar, terutama dalam pelajaran bahasa, sejarah, geografi dan bidang studi lainnya.

Memasuki dunia kerja, Einstein mengajar dan menjadi pegawai tetap sebagai penguji di Kantor Paten, yang memberikan dia dalam memberikan kompetensi dan membebaskan pikirannya menelusuri berbagai spekulasi matematika yang nantinya akan menjadi Teori Relativitas.

Mencari tahu makna atau tujuan keberadaan kita atau tujuan penciptaan, Eistein rasa secara objektif hal tersebut selalu menjadi pekerjaan yang absurd.

Terdapat tulisan yang menarik dari Einstein tentang "Agama & Sains", dia menuliskan bahwa "Individu merasakan ketiadaan hasrat dan tujuan manusia maupun sublimitas dan keteraturan mengagumkan yang tampak pada alam maupun dunia pemikiran".

"Hanya mereka yang mencurahkan hidup untuk tujuan yang sama yang bisa mendapatkan gambaran-gambaran tentang apa yang mengilhami orang-orang itu dan memberi mereka kekuatan untuk tetap pada tujuan meski sering mengalami kegagalan".

Dalam tulisan lain tentang "Relijiusitas Sains, Einstein menulis, "Perasaan relijius-nya berwujud ketakjuban amat sangat atas keselarasan hukum alam, yang mengungkapkan kecerdasan yang superior, yang jika dibandingkan dengannya seluruh pemikiran dan tindakan sistematis manusia tidak ada artinya".

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts