Tuesday, February 10, 2015

Lorong Waktu

Buku tentang Time Management yang Membuat Anda Punya Waktu 100 Jam dalam Sehari


Oleh : Monde Ariezta

Penerbit : Trans Media, 2014
Tebal : 197 halaman


Buku ini ditulis oleh penulis muda dengan gaya penulisan yang bergaya anak muda juga. Sehingga akan lebih cocok dan sesuai jika dibaca oleh kalangan anak muda jaman sekarang.

Satu yang menjadi ilmu tambahan saya dan akan segera saya praktekkan adalah strategi 1 jam. Dimana kita harus disiplin dan tertib untuk meluangkan waktu kita sebanyak 1 jam saja untuk melaksanakan proyek terpendam dan proyek tertunda kita.

Dengan komitmen yang kuat sehingga akan menjadi rutinitas kita yang baik dan pada akhirnya kita dapat meraih apa yang telah kita impikan yang belum sempat terwujud.


Terdapat 5 hal yang berpengaruh besar terhadap manajemen waktu, yaitu Fabulous Five of time, apa saja?. Mari kita bahas satu persatu:.

Agenda (Scheduling).
Agenda adalah urutan aktivitas yang akan dikerjakan dalam satu hari. Kaedah dalam membuat agenda ini adalah :.
  • dibuat dalam interval per jam.
  • cukup menuliskan inti aktivitas atau into pekerjaan yang akan dilakukan.
  • tuliskan hal-hal yang menjadi tugas utama dari setiap peran kita.
  • waktu buat istirahat, ibadah dan mengistirahatkan fisik, otak dan jiwa dan buat agenda sesuai kebutuhan masing-masing.
Misi Utama (Core Mission).
Misi utama adalah tujuan yang ingin dicapai seseorang saat menjalankan perannya yang akan menjiwai aktivitas yang dilakukan setiap hari. Untuk mencapai core mission ini, kita bisa menggunakan pola 80:20, yaitu 80% waktu harian diisi dengan aktivitas core mission. Sedang sisanya bisa digunakan untuk hal yang lain. 

Skala Prioritas (Prioritization).
Hal yang terpenting dari manajemen waktu bukan hanya skala prioritas, namun yang tak kalah penting adalah apakah prioritas tersebut sudah benar atau belum?. Apakah prioritas tersebut benar-benar yang diinginkan atau yang dibutuhkan.

Mengatur Gangguan Dan Mengatur Kapan waktu untuk Beristirahat (Managing Interruption).
Gangguan positif maupun negatif harus dapat dikelola agar tidak mencakup pekerjaan utama kita.

Penundaan (Procrastination).
Penundaan mempunyai pengaruh besar terhadap pengelolaan waktu. Karena Agenda, Misi Utama dan Skala Prioritas adalah hal yang wajib untuk dimiliki atau dilakukan. Oleh karenanya gangguan harus bisa diperhatikan dan dikelola dengan baik dan penundaan harus menjadi hal yang wajib dihindari.


#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts