Wednesday, April 17, 2024

Loonshots

Ide-ide Gila yang Memenangkan Perang, Menyembuhkan Penyakit, dan Mengubah Sektor Industri

Oleh : Safi Bahcall

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2021

Tebal : 432 halaman


Loonshot mempunyai arti sebagai proyek terlantar yang secara luas ditolak oleh para pendukungnya disepelekan dan dianggap kurang waras.

Terjadi peralihan fase yang terjadi di dunia kita, yaitu tentang misteri dari perilaku berkelompok, dimana tim yang cakap mematikan ide hebat, dan kearifan umum berubah menjadi tirani.

Hal ini juga menjelaskan mengapa perusahaan besar di kemudian hari menjadi gagal karena tipe korporasi besar cenderung bersifat konservatif dan menghindari resiko. Sehingga ide paling mengasyikkan justru datang dari perusahaan kecil karena mereka sejatinya adalh pribadi yang berani mengambil resiko.

Oleh karena itu tidak heran banyak startup yang sukses, karena mereka senantiasa menggulung lengan baju dan menggebrak meja untuk mendukung ide liar.

Hal ini yang terjadi pada Nokia. Dimana saat mereka pada puncak-puncaknya, di tahun 2004 mereka mempunyai ide membuat telepon baru yang siap dengan fasilitas internet dan dengan layar sentuh besar berwarna dan didukung dengan kamera beresolusi tinggi. Nokia juga masih mempunyai ide gila lain, yaitu toko aplikasi online.

Namun sayang kedua ide tersebut dihentikan oleh tim eksekutif Nokia.

Dan 3 tahun kemudian, ide mereka terwujud oleh Steve Jobs yang meluncurkan iPhone. Sehingga akhirnya mengenaskan setelah 5 tahun kemudian Nokia tersingkir dalam dunia bisnis telepon genggam.

Sebuah quote dari Francis Crick yang dikutip dalam buku ini sangat menarik, yaitu "Rahasia saya adalah mengetahui apa yang perlu saya abaikan". 

Loonshot menantang kearifan konvensional, disisi lain, pertanyaan tentang apakah suatu perubahan bersifat disruptif atau tidak mengacu pada efek dari suatu penemuan. Oleh karenanya wajah industri saat ini merupakan inovasi yang berkelanjutan dan inovasi yang disruptif.

Dalam buku ini diberikan beberapa contoh yaitu pada penemuan transistor, search engine, Walmart, Ikea dan penemuan obat.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Stories of Crime and Detection

Related Posts