Wednesday, April 24, 2024

The Black Swan

Rahasia Terjadinya Peristiwa-Peritiwa Langka yang Tak Terduga

Oleh : Nassim Nicholas Taleb

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2009

Tebal : 479 halaman


Al-Ghazali adalah pemikir besar yang dalam bahasa latin dikenal sebagai Algazel. Beliau mempunyai julukan ghabi, yang secara harfiah memiliki arti pandit, karena beliau menulis kritik tajamnya sebuah diatribe yang disebut Tahafut al falasifa atau The Incompetence of Philosophy.

Kritik ini ditujukan pada kalangan intelektual mapan Arab yang merupakan waris langsung filsafat klasik sekolah itu, yang berusaha mendamaikannya dengan ajaran Islam melalui argumentasi yang rasional.

Setelah itu Al-Ghazali menggabungkan metode dakwahnya menggunakan mistisme sufi, dan kemudian para penganutnya berupaya memasuki persatuan dengan Tuhan dengan meniadakan semua hubungan dengan hal-hal duniawi. 

Semua ini berawal dari perkara Black Swan.

Apa itu Black Swan?

Black Swan adalah peristiwa yang sangat mustahil terjadi yang memiliki 3 karakteristik utama, yaitu tidak dapat diramalkan, memberikan dampak yang masif, dan sesudah terjadi akan mendorong kita untuk membuat penjelasan bahwa kejadian itu bukan sebuah kebetulan.

Peristiwa besar lainnya yang menggambarkan Black Swan adalah peristiwa 9/11 dan krisis moneter sekaligus kejatuhan pasar saham dunia pada tahun 2008.

Alih-alih kita mesti berhenti berusaha memprediksi segala sesuatu dan justru mengambil keuntungan dari ketidakpastian.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Stories of Crime and Detection

Related Posts