Wednesday, September 20, 2023

Like a Virgin

Rahasia Bisnis yang Tak Diajarkan di Sekolah Mana Pun

Oleh : Richard Branson

Penerbit : Kaifa

Tebal : 360 halaman


Pemimpin yang baik tidak terkurung di belakang meja. Begitu pula Richard Branson yang selalu bekerja dari rumah terus menerus keluar dan berkeliaran menemui orang-orang. Branson akan selalu berusaha menemui sebanyak mungkin awak kabin dan penumpang.

Selama bepergian, Branson selalu membawa buku catatan untuk mencatat pertanyaan, perhatian atau gagasan bagus. Jika tidak mencatat di buku catatan maka akan hanya sedikit yang teringat.

Sebagus apapun nama sebuah merk, nama terbaik pun bisa gagal di usaha pertama. Maka jika kita tidak dapat bertahan, ingatlah bahwa sebagian besar bisnis baru tidak berhasil dan bahwa sebagian pelajaran terbaik diambil dari kegagalan.

Oleh karena itu bangkitkan dirimu, bersihkan dirimu dan mulailah dari awal lagi. Rahasia bangkit kembali bukan hanya tak takut pada kegagalan, tapi juga memanfaatkannya sebagai alat motivasi dan belajar.

Nasib sial memang dapat melemahkan semangat, tapi jika kita selalu berusaha menyalurkan perasaan menjadi tindakan positif maka pikiran sederhana ini dapat membawa kita pada keberhasilan.

Orang-orang yang terbaik pun memerlukan kepemimpinan yang hebat. Pemimpin yang hebat dapat memahami kekuatan dan kelemahan tim. Kuncinya adalah sosialisasi dan mendengar langsung dari tim. Banyak orang yang keluar karena dia tidak didengar sehingga frustasi.

Pemimpin yang buruk dapat menghancurkan sebuah bisnis dengan sangat cepat.

Untuk menghasilkan layanan pelanggan yang baik diperlukan pegawai di garis terdepan yang menerima dukungan yang baik dari rekan kerja yang lain. Reaksi berantai dalam kerja tim yang baik adalah konsisten dari hulu hingga hilir. Kekuatan rantai ini terletak pada mata rantai terlemah.

Layanan pelanggan yang unggul di lantai bawah bermula dari lantai atas. Jika orang senior tidak memahami, bahkan mata rantai terkuat jauh di bawah sana dapat terganggu. Sehingga layanan pelanggan yang buruk bisa terjadi.

Sangat penting menanamkan kesan dan menyuntikkan hal yang menyenangkan. Hal ini akan menarik perhatian dan menguatkan kembali perasaan bersenang-senang. Jika layanan dan produk bagus maka hal ini minimal akan memancing senyum sehingga membantu kita akan mendapatkan tempat dalam hati dan pikiran orang.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts