Wednesday, April 12, 2023

Kreatif Memilih Jurusan

Banyak Posisi Unik Dikuasai Asing karena Indonesia tidak Punya Ahlinya

Oleh : Ina Liem

Penerbit : CV Nadi Inspira Edumedia, 2014

Tebal : 189 halaman


Penulis buku ini merupakan seorang infopreneur, yaitu pengusaha yang memperoleh pendapatan dari informasi yang disampaikan olehnya melalui online maupun offline.

Menjadi pintar selama di bangku sekolah tidak pasti akan sukses di masa depan, setidak ada 4 hal yang harus diperhatikan agar tidak salah yaitu mulai dari persepi yang keliru tentang jurusan kuliah, pilihan terbatas karena kurang informasi, tidak cukup mengenal diri terutama terhadap potensi diri, dan tidak memiliki tujuan hidup.

Agar orang menjadi sukses harus mempunyai ide sendiri melalui proses permenungan dengan mempertimbangkan sesuai dengan minat dan bakat. Selain itu juga diperlukan passion dan aptitude atau kemampuan. Dengan bekerja sesuai passion maka kita dapat menikmati profesi saat berkarier.

Supaya bisa mencapai sukses lebih cepat, maka kita harus mempunyai tujuan jangka panjang yang ditulis sebagai big picture sekaligus sebagai peta pribadi dalam hidup. Tujuan bisa sangat beragam dan berbeda antar anak termasuk antara anak dengan orang tua. Oleh karena itu kita harus benar-benar melakukan identifikasi tujuan hidup.

Salah satu soft skills yang tidak kalah penting adalah global dexterity yaitu kemampuan untuk beradaptasi dengan budaya lain. 

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts