Manajemen Bisnis Berkonsep Ramah Lingkungan
Oleh : Dr. Agus Sugiarto, Ir. Lieli Suharti & Prof Christantius Dwiatmadja
Penerbit : Gava Media, 2021
Tebal : 144 halaman
Green Business adalah aktivitas bisnis untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan hidup serta dengan meminimalkan laju kerusakan lingkungan hidup.
Perilaku ramah lingkungan memiliki 6 prinsip, yaitu Recycle, Recovery, Reduce, Reuse, Refine dan Retrieve Energy.
Untuk menerapkannya, kita membutuhkan Planning, yaitu upaya untuk menentukan hal yang hendak dicapai untuk tujuan di masa depan yang dituangkan dalam visi dan misi perusahaan.
Kemudian kita melakukan Organizing yaitu mengorganisasikan sumber daya yang meliputi manusia, uang, material, mesin, metode dan pasar.
Yang tidak kalah penting adalah Leading atau Actuating yaitu memimpin dengan mempengaruhi, mengarahkan, memotivasi dan mengawasi orang lain dalam menjalankan tugas yang telah direncanakan untuk mencapai sasaran dan tujuan.
Dan yang terakhir adalah Controlling, yaitu memantau dan mengevaluasi apakah strategi dan organisasi sudah sesuai dengan yang dikehendaki atau harus dirubah bahkan ditingkatkan.
Green manufacture atau green production adalah sistem mengintegrasikan desain produk dan proses pada perencanaan dan kontrol manufaktur dengan mengindentifikasi, mengukur, menilai dan mengelola aliran dengan mengurangi dan meminimalisir dampak lingkungan termasuk dalam memaksimalkan efisiensi penggunaan energi dan mengurangi tingkat polusi.
Green product adalah produk yang berwawasan lingkungan dengan mengurangi efek-efek yang mencemari lingkungan.
Produk ramah lingkungan adalah produk yang terbuat dari bahan ramah lingkungan sehingga tidak memiliki potensi merusak lingkungan.
Green marketing adalah pemasaran produk ramah lingkungan termasuk pengemasan dan pelabelan serta dalam strategi periklanan termasuk juga meningkatkan kesadaran. Label yang dimaksud adalah label ramah lingkungan atau eco-label dan iklan ramah lingkungan atau environmental advertisement.
No comments:
Post a Comment