Sunday, December 18, 2016

Sejarah Islam Klasik

Perkembangan Islam dari Turki hingga Africa


Penulis : George Walter Prothero

Penerbit : Indopublika, 2015
Tebal : 170 halaman


Nama Islam dalam bahasa Arab mempunyai arti "berserah diri" yang pada mulanya diberikan kepada Nabi Ibrahim dan umatnya.

Pada sekitar tahun 600 masehi, di Arab hanya ada pemukiman suku-sukuArab dan tidak ada prestasi kabilah. Pada jaman itu pula yang mempunyai pengaruh di lingkungan adalah kekaisaran Romawi dan Persia.

Cerita dalam buku ini dimulai saat Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, dimana pada saat itu ada beberapa orang penyembah berhala yang tidak senang terhadap Nabi Muhammad. Begitu pula dengan tokoh masyarakat yang dengki terhadap kekuasaan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad.

Namun Nabi Muhammad menghadapinya dengan penuh kesabaran dan kemurahan hati.

Pada tahun 2 Hijriah terjadi perang Badar antara tentara Makkah dengan Madinah yang dimenangkan oleh pasukan Madinah karena disiplin dan taktik perang yang itu meskipun jumlah pasukannya lebih sedikit.

Pada tahun 5 Hijriah terjadi pulang perang kembali namun pasukan Madinah kembali menang karena Nabi Muhammad menunjukkan kepiawaiannya sebagai komandan dan negotiator yang handal.

Pada tahun 8 Hijriah akhirnya Makkah berhasil dikuasai dengan negosiasi damai.

Seperti nabi yang lain, Nabi Muhammad mempunyai mukjizat atau keajaiban khusus yaitu ajaran berima yang disebut dengan Al-Quran. Al-Quran adalah khutbah seorang pengkhutbah agung yang isinya hidup dan berkelanjutan serta tidak terbatas.

Pada masa itu yang dilakukan adalah reformasi moral yang meliputi:
- pelarangan pembunuhan bayi
- pelarangan minuman beralkohol
- pelarangan perjudian
- pembatasan istri hingga 4
- penghapusan budak
- pelarangan makan babi

Pada masa itu pula ada inovasi politik Nabi Muhammad yaitu pengakuan terhadap toleransi agama, namun sistem paganisme dihapus dan mereka akan tetap mendapatkan perlindungan dari umat muslim bersenjata.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts