Saturday, June 13, 2015

Profit Berlipat Investasi Tanah dan Rumah

Panduan Berinvestasi yang Tak Pernah Mati


Oleh : Budi Santoso

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2008
Tebal : 154 halaman


Pilihan berinvestasi sangat beragam, mulai dari saham, obligasi dan deposito. Namun investasi yang tak lekang oleh waktu adalah investasi berupa tanah dan rumah.

Keberhasilan investasi rumah dan tanah mempunyai formula 50:25:25, yaitu kemungkinan berhasil 50% yaitu dari profit yang alami dari kenaikan NJOP (Nilai Jual Obyek Tanah), yang tiap tahun rata-rata naik 10% hingga 15%.

Lalu kemungkinan berhasil 25% profit dapat diraih sebesar 15% hingga 40% per tahun yang bergantung terhadap lokasi properti, kondisi pasar dan kemampuan saat membeli dan menjualnya kembali.

Dan kemungkinan 25% sisanya adalah kegagalan, karena terdapat kemungkinan kegagalan berupa sulitnya properti untuk dijual atau disewakan.

Untuk mendukung keberhasilan dalam investasi tanah dan rumah, maka kita haurs menguasa 4 hal, yaitu:

  • Ilmu (knowledge)
  • Lahan (land)
  • Modal (capital)
  • Penghuni (tenant)


Yang paling menarik adalah dalam investasi tanah dan rumah terdapat alur perputaran atau siklus properti atau yang disebut dengan Property Clock (Jam Properti). Misalnya pada tahun 1998 - 2000 dimana saat itu Indonesia mengalami krisis moneter, sehingga nilai properti turun drastis, ini merupakan saat "Beli". Sedangkan saat "Jual" yaitu dimana permintaan akan properti tinggi sehingga nilai jual properti naik pula, di Indonesia hal ini terjadi pada tahun 1993-1994, 1989-1990 dan 2002-2003.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts