Saturday, June 13, 2015

Niccolo Machiavelli : Sang Pangeran

52 Gagasan Cemerlang


Oleh : Tim Phillips

Penerbit : Kanisius, 2013
Tebal : 156 halaman


Machiavellian adalah istilah bagi orang yang suka menipu dan selalu berbohong untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan. Yaitu meliputi "politik kotor" atau "relasi publik" merupakan termasuk machiavellian.

Pangeran yang dimaksud Niccolo Machiavelli pada hakikatnya lebih dekat dengan seorang CEO modern atau seorang Perdana Menteri. Machiavelli hanya mengatakan bahwa jika Anda memimpin, Anda memerlukan kekuadaan dan jika Anda menginginkan kekuasaan, inilah yang harus Anda lakukan untuk mempertahankan.

Nasihat dalam buku ini salah satunya yang perlu direnungkan adalah "Jika Anda tidak suka bahwa kekejaman atau kecurangan itu menguntungkan, pilihan praktis pilihan Anda adalah menyesuaikan diri dengan itu atau pindah ke tempat lain".

Karena pada hakikatnya saat kita harus memilih antara 2 pilihan yang tidak menyenangkan, maka kita harus ingat bahwa kita tidak dapat menyenangkan semua orang. Termasuk politik, bahwa politik merupakan pilihan antara yang penuh bencana dan yang tidak enak. Sehingga bagi pemimpin, lakukan itu dan tidak perlu kompromi.

Buku ini juga menelaah mengenai sejarah. Bahwa sejarah ditulis oleh para pemenang, kita jarang mendengar orang lain yang memuat orang-orang paling kuat dalam sejarah, cerita mereka hampir tidak pernah dilaporkan.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts