Sunday, April 27, 2008

Pemburu dan Petani

Membangun Spirit Intrapeneurship


Oleh : Anthony Dio Martin

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2005
Tebal : 198 halaman


Buku ini dengan gamblang menjelaskan kepada pembaca, sehingga kita sebagai pembaca dapat dengan gampang memahami ide dari pikiran Anthony Dio Martin mengenai Intrapeneurship.

Dalam buku ini karyawan disimbolkan oleh profesi petani sedangkan pebisnis di-analogi-kan sebagai profesi pemburu.

Di mata petani (karyawan), seorang pemburu (pebisnis) tampak mempunyai lebih banyak waktu luang, lebih bagus kualitas hidupnya, dan hidupnya lebih makmur. Itu merupakan persepsi yang sering muncul

Tak heran jika banyak petani (karyawan) yang banyak memiliki cita-cita dan membayangkan hal-hal yang menyenangkan menjadi pemburu (pebisnis).

Namun petani (karyawan) tampaknya tidak sadar, seorang pemburu (pebisnis) pun punya banyak kekhawatiran serta ketakutan yang terjadi. Misalkan : dimana buruannya minggu depan? Bagaimana kalau bisnisnya gagal? Bagaimana seandainya justru rugi?

Pada halaman 40 di buku ini terdapat cukilan pidato Bill Gates, miliarder Microsoft bahwa kita sedang dalam era "the economic of speed". Siapa yang cepat, dialah yang akan mendapatkan kesempatan pertama.

Inilah bisnis masa sekarang, Kondisi ini lantas berdampak pada bagaimana bisnis masa sekarang harus beroperasi. Mau tidak mau, bisnis sekarang ditantang untuk lebih flexibel, lebih mudah beradaptasi serta menjadi organisasi pembelajar yang selalu siap untuk belajar terhadap hal-hal baru.


#sinopsisbuku #resensibuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts