Sunday, March 16, 2008

Intelegensi Anak

Jurus Jitu Mengasah Otak Si Kecil


Oleh : Djoko Subinarto

Penerbit : Nexx Media Inc, 2005
Tebal : 127 halaman


Mempunyai anak memang suatu anugerah terindah yang pernah dimiliki. Namun jangan lupa kewajiban kita untuk merawat dan mengasuh anak.

Kewajiban merawat anak tidak dianggap sepele, terutama dalam mengasuh anak yang beranjak batita (bayi tiga tahun) hingga balita (bayi lima tahun). Karena ibarat kertas mereka masih putih, yang akan menjadi berwarna tergantung kita sebagai orang tuanya.

Untuk itu kita harusnya mempunyai pendekatan metode dalam pengasuhan anak. Salah satu buku panduan dalam mengasuh anak sekaligus mengasah otak anak adalah buku ini.

Salah satu hal yang menarik dalam buku ini adalah bagaimana sikap kita terhadap anak agar anak menghadapi resiko sehingga anak kita mempunyai pengalaman dan tantangan baru. Tidak perlu terlalu khawatir  terhadap resiko yang akan dihadapi si anak, asalkan tidak menyangkut keselamatan jiwa. Misalnya kita coba membiarkan anak yang tampak frustasi karena gagal menghidupkan mainan barunya. Kita tidak boleh terburu-buru ikut campur dengan memberi tawaran dengan "Sini, papa bantu kamu". Hal ini kan meruntuhkan mental dan rasa percaya diri sang anak dan akan menimbulkan ketergantungan.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts