Tuesday, June 13, 2023

7 Jurus NLP agar Anak Ketagihan Belajar


Oleh : Yus Santos & Maya Hugeng
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer, 2018
Tebal : 128 halaman

NLP merupakan singkatan dari Neuro Linguistic Programming, dimana Neuro mengacu pada sistem berpikir dan syaraf, sedangkan Linguistic merupkan komunikasi dan Programming adalah gagasan dan tindakan.

Sebagian orang tua mengeluhkan anak malas belajar salah satunya karena kecanduan main game, hal ini bahkan menjadi kasus tertinggi. Untuk itu lah perlu adanya pendekatan NLP. Langkah pertama adalah state atau yang lebih dikenal dengan break state.

Break state digunakan untuk mempermudah kita keluar dari state yang bermasalah sehingga kita bisa berada pada state yang lebih netral.

State awal ini muncul dari dalam diri pribadi, sehingga state bisa diubah, karena state adalah sumber daya yang baik dalam melakukan sesuatu. 

Berikutnya yang kita lakukan adalah mengubah emosi melalui gerakan. Karena pada dasarnya emosi kita diciptakan dari gerak, atau our emotion is created by our emotion. Selanjutnya kita mengubah fokus tanpa perlu berteriak kencang, kita cukup menciptakan suasana santai dan nyaman misalnya dengan musik yang semangat.

Dalam NLP terdapat belief system yang dapat mengubah fokus anak karena kepercayaan yang dimiliki yang dapat menguatkan atau bahkan melemahkan. Misalnya matematika itu sulit atau hafalan biologi itu membosankan. Hal ini dapat melemahkan selanjutnya membuat anak malas belajar.

Oleh karenanya kita perlu melakukan reframing untuk menghilangkan belief system yang melemahkan lalu memberi arti baru yang dapat menguatkan sehingga anak dapat semangat belajar.

Melakukan reframing ada 2 cara, yaitu context reframing (membingkai ulang konteks) dan content reframing (membingkai ulang isi).

Context reframing adalah proses mengubah sebuah pengalaman negatif menjadi positif dengan mengubah konteks kejadian, misalnya anak yang cerewet yang menyebalkan kita reframing ulang bahwa anak tersebut di kemudian hari dapat menjadi pembicara yang handal dan motivator top.

Content reframing adalah proses memberikan makna baru terhadap isi kejadian, misalnya pada kasus anak cerewet yang menyebalkan kita ubah sebagai anak yang memiliki banyak ide, kreatif dan cerdas dalam komunikasi.  

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts