Wednesday, May 31, 2023

Anda Jago Kandang atau Kelas Dunia?

Oleh : Iman Supriyono

Penerbit : SNF Consulting, 2010

Tebal : 250 halaman


Seseorang yang ingin menjadi kelas dunia maka kita harus membuka cakrawala lebih luas. Kita harus mengetahui peta perjalanan sebagai roadmap untuk menjadi kelas dunia. Pertama, syarat utama untuk menjadi seseorang yang berkelas dunia adalah mutlak memiliki kemampuan bahasa internasional, yaitu bahasa Inggris. 

Salah satu pengusaha Indonesia yang berhasil go Internasional adalah Chairul Tanjung yang mampu menguasai raksasa ritel Prancis yaitu Carrefour. Carrefour dalam bahasa Perancis mempunyai arti perempatan jalan.

Jika jaman dulu penjajahan dilakukan dengan penguasaan fisik, jaman sekarang penjajahan dilakukan dengan penguasaan ekonomi. Oleh karena itu kita harus menjadi pejuang, namun pejuang gaya baru yaitu pejuang yang mampu menghasilkan produk berupa barang atau jasa.

Pejuang gaya baru itu adalah pengusaha atau entrepreneur.

Dalam buku ini di halaman 105, ada yang menarik, yaitu "salah satu pekerjaan sebagai konsultan adalah menulis".

Ada yang menarik yang dapat kita petik dari Starbuck, yaitu bagi Starbuck, pelanggan mempunyai rasa memiliki, untuk itu kedai harus dapat menjadi surga, tempat dimana pelanggan dapat bertemu dengan kawan-kawan.

Terakhir, yang dapat dipetik dari buku ini adalah kesombongan akan menjadi lengah dan terkalahkan, karena kesombongan dapat menghilangkan kewaspadaan.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts