Saturday, November 9, 2019

The Art of Innovation

Pelajaran Kreativitas dari IDEO, Perusahaan Desain Terkemuka di Amerika


Oleh : Tom Kelley & Jonathan Littman

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2002
Tebal : 379 halaman
-----
Dalam era yang terus berubah dengan cepat ini, kreativitas dan inovasi menjadi kunci sukses bagi perusahaan dan individu dalam mencapai tujuan bisnis mereka. Buku "The Art of Innovation" yang ditulis oleh Tom Kelley dan Jonathan Littman merupakan panduan yang inspiratif dan praktis untuk memahami esensi dari inovasi dalam dunia bisnis.

Tom Kelley, seorang eksekutif senior di IDEO, dan Jonathan Littman, seorang penulis yang telah banyak meneliti topik-topik tentang inovasi, memadukan pengetahuan mereka dalam buku ini. IDEO adalah perusahaan desain dan konsultasi yang dikenal karena pendekatan kreatifnya dalam memecahkan masalah.

Banyak perusahaan menyewa konsultan untuk melakukan pengembangan suatu produk, hal ini dikarenakan, :
  1. Kemampuan yang ada belum terasah.
  2. Kecepatan.
  3. Keahlian tertentu yang belum dikuasai.
  4. Inovasi.
Metodologi yang digunakan adalah, :
  1. Memahami pasar, klien, teknologi dan kendala.
  2. Mengamati orang-orang dalam kehidupan sebenarnya.
  3. Memvisualisasikan konsep baru yang akan digunakan.
  4. Mengevaluasikan dan menyempurnakan prototipe secara berulang dan cepat.
  5. Menerapkan konsep baru untuk komersialisasi.
Buku ini memulai perjalanan pembaca dengan memperkenalkan pentingnya inovasi dalam konteks bisnis modern. Inovasi bukanlah hanya tentang menciptakan produk atau layanan baru, tetapi juga tentang cara berpikir yang berbeda, menemukan solusi yang kreatif, dan mengadaptasi diri terhadap perubahan.

Kelley dan Littman meruntuhkan mitos tentang inovasi yang sering kali menjadi hambatan bagi banyak organisasi. Mereka menyoroti bahwa inovasi bukanlah sesuatu yang hanya dimiliki oleh orang-orang "berbakat" atau "kreatif", tetapi dapat dipelajari dan diterapkan oleh siapa pun dengan pendekatan yang tepat.

Merangkul kegagalan sebagai bagian alami dari proses inovasi penting untuk mendorong eksperimen dan pembelajaran. Dengan memandang kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan melakukan perbaikan, kita dapat mempercepat proses pengembangan ide yang sukses.

7 rahasia curah pendapat yang lebih baik,
  1. Mempertajam tajam.
  2. Aturan-aturan yang menyenangkan.
  3. Beri nomor ide anda.
  4. Membangun dan melompat.
  5. Ruangan mengingat.
  6. Regangkanlah otot-otot mental anda.
  7. Lakukan secara fisik.
Buku ini menyajikan serangkaian langkah-langkah praktis yang dapat diikuti oleh pembaca untuk memperkuat kemampuan inovasi mereka. Mulai dari mengamati kebutuhan pelanggan, memahami konteks pasar, hingga memperkenalkan prototipe dan mendapatkan umpan balik, "The Art of Innovation" membimbing pembaca melalui setiap tahap dalam proses inovasi.

Salah satu poin utama yang disoroti oleh Kelley dan Littman adalah pentingnya menciptakan budaya organisasi yang mendukung inovasi. Mereka menyoroti bagaimana lingkungan kerja yang inklusif, kolaboratif, dan mendukung risiko dapat merangsang kreativitas dan mempercepat laju inovasi.

Budaya kolaboratif adalah lingkungan kerja di mana tim bekerja bersama secara terbuka, berbagi ide, dan mengintegrasikan pemikiran dari berbagai disiplin ilmu. Dalam budaya kolaboratif, kreativitas dan inovasi diperkuat melalui interaksi tim yang saling mendukung dan menghargai kontribusi masing-masing anggota.

8 karakter menakjubkan bagi kelompok yang bersemangat,
  1. Visioner.
  2. Penyelesai masalah.
  3. Pengkritik.
  4. Pengamat.
  5. Pengrajin.
  6. Ahli teknologi.
  7. Wiraswasta.
  8. Aktor.
Buku ini diperkaya dengan studi kasus dari berbagai perusahaan terkemuka yang telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip inovasi yang dijelaskan dalam buku ini. Dari Apple hingga Airbnb, setiap cerita mengilustrasikan bagaimana inovasi dapat mengubah paradigma bisnis dan menciptakan nilai tambah bagi pelanggan.

Inovasi tidak terjadi dengan sendirinya; itu memerlukan komitmen yang kuat dan dedikasi dari individu dan organisasi. Dalam menghadapi tantangan dan rintangan, kita perlu mempertahankan semangat dan ketekunan dalam mengejar inovasi yang dapat mengubah dunia.

“The Art of Innovation” memberikan wawasan praktis dan mendalam tentang bagaimana membangun organisasi yang inovatif, menemukan peluang baru, dan membawa ide-ide revolusioner ke pasar. Buku ini mengilhami pembaca untuk berpikir di luar batas-batas konvensional, mengambil risiko, dan mendorong perubahan positif dalam dunia bisnis dan desain.

"The Art of Innovation" bukan hanya sekadar buku panduan, tetapi juga sumber inspirasi bagi siapa pun yang tertarik untuk mengembangkan kemampuan inovasi mereka. Dengan penekanan pada pendekatan yang praktis dan strategi yang terbukti berhasil, buku ini menjadi panduan yang berharga dalam menjelajahi dunia inovasi dalam bisnis.

Buku ini merangkum esensi dari pengalaman dan pengetahuan yang luas dari para penulisnya, memberikan pembaca wawasan yang berharga tentang bagaimana menggali potensi kreatif dan menerapkannya dalam konteks bisnis modern yang kompetitif. "The Art of Innovation" bukan hanya untuk mereka yang ingin menjadi pemimpin dalam bidangnya, tetapi juga bagi siapa pun yang ingin memahami dan merayakan kekuatan transformasional dari inovasi.
-----

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts