Monday, December 25, 2017

The Disc Codes

Cara Cepat Menguasai Kode Sukses Manusia


Oleh : Edysen Shin BBA, CPBA, CPVA

Penerbit : PT Alfa Cemerlang Edindo, 2017
Tebal : 156 halaman


Konon pada tahun 400 SM, Hippocrates seorang Yunani telah mempelajari cara berjalan, gaya manusia berbicara dan ekspresi wajah manusia menjadi 4 kategori. Dan berdasarkan penelitian bahwa komunikasi memiliki komposisi 55% terhadap gerakan tubuh, 38% terhadap nada suara dan 7% terhadap perkataan.

Kini dalam perkembangannya manusia digolongkan menjadi 4 golongan, yaitu
D = Dominant / Dominan
I = Influence / Intim
S = Steady / Stabil
C = Compliance / Cermat

Personaliti manusia merupakan suatu konsep kompleks yang dapat dibagi ke dalam berbagai dimensi. Salah satu pendekatan yang populer adalah model D.I.S.C. yang membagi personaliti menjadi empat tipe utama: Dominant (Dominan), Influence (Pengaruh), Steady (Stabil), dan Compliance (Cermat). Setiap tipe memiliki ciri-ciri khasnya sendiri yang memengaruhi cara individu berinteraksi dengan dunia sekitarnya. Mari kita telaah lebih lanjut masing-masing tipe personaliti ini:

Dominant (Dominan).
Individu dengan tipe personaliti Dominan cenderung menunjukkan sifat-sifat kepemimpinan yang kuat. Mereka memiliki kecenderungan untuk mengambil inisiatif, mengontrol situasi, dan mengambil keputusan dengan tegas. Karakteristik yang dominan dan percaya diri membuat mereka mampu mengejar tujuan mereka tanpa ragu-ragu. Mereka cenderung menonjol dalam lingkungan yang menuntut ketegasan dan pengambilan keputusan yang cepat.

Influence (Pengaruh).
Tipe personaliti Influence cenderung ceria, ramah, dan ekspresif. Mereka menikmati interaksi sosial dan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain dengan pesona dan karisma mereka. Individu dengan tipe ini biasanya sangat komunikatif, suka bekerja dalam tim, dan mampu memotivasi orang lain. Mereka sering kali menjadi pusat perhatian dalam situasi sosial dan suka berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

Steady (Stabil).
Individu dengan tipe personaliti Steady dikenal karena kesabaran, ketenangan, dan keterpercayaan mereka. Mereka cenderung mencari stabilitas dalam hubungan dan lingkungan mereka. Sifat empati dan perhatian membuat mereka menjadi teman yang baik untuk didengarkan dan dipercaya. Mereka lebih suka menghindari konflik dan bekerja dalam suasana yang harmonis. Keberanian dan konsistensi adalah nilai-nilai yang dihargai oleh individu dengan tipe personaliti ini.

Compliance (Cermat).
Tipe personaliti Compliance ditandai dengan kecenderungan untuk mengikuti aturan, standar, dan prosedur. Mereka cenderung memiliki fokus yang tinggi terhadap detail dan akurasi. Konservatif dan terorganisir, mereka menonjol dalam lingkungan yang membutuhkan ketelitian dan kepatuhan terhadap prosedur. Kemampuan analitis dan kehati-hatian membuat mereka mampu menangani tugas yang membutuhkan perencanaan dan evaluasi yang cermat.

Implikasi dalam Kehidupan Sehari-hari.
Pemahaman tentang model D.I.S.C. dapat memberikan wawasan yang berharga dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk lingkungan kerja, hubungan interpersonal, dan pengembangan diri. Dengan mengenali tipe personaliti seseorang, kita dapat lebih efektif berkomunikasi, berkolaborasi, dan membangun hubungan yang sehat. Penting untuk diingat bahwa setiap individu unik, dan kombinasi dari keempat tipe personaliti ini dapat bervariasi dalam tingkat yang berbeda-beda.

Sementara model D.I.S.C. dapat memberikan kerangka dasar untuk memahami personaliti manusia, penting untuk diingat bahwa manusia memiliki kompleksitas yang tak terbatas. Namun demikian, pemahaman tentang berbagai tipe personaliti dapat menjadi alat yang berguna dalam memperkuat keterampilan interpersonal dan memperkaya pengalaman hidup kita.

Dari keempat kategori tersebut akan kita kupas 2 saja, yaitu I dan C.

I = Influence / Intim
Orang yang termasuk golongan Influence sangat bersahabat, sangat proaktif, sifat lainnya adalah
  1. Outgoing & people
  2. Suka bicara
  3. Master of creating networks & relationships
  4. Mudah mengekspresikan perasaannya
  5. Mudah percaya pada orang lain
  6. Optimis namun kurang realistis
  7. Semua orang adalah sahabat dia
  8. Melupakan agenda awal
  9. Suka spontan dan mengalir
  10. Pelupa dan tidak pendendam
  11. Populer, biasanya dikenal banyak orang
  12. Menjadi narsis, mempromosikan diri sendiri
  13. Menjadi bawel yang menjengkelkan
  14. Contoh orang yang tinggal di Italia, Irlandia, Kuba dan Yunani
  15. Tokoh terkenal : Oprah Winfrey


C = Compliance / Cermat
Sifat dari orang yang tergolong pada Compliace adalah
  1. Reserved & task
  2. Fokus pada pekerjaan
  3. Luar biasa pada detail dan prosedur
  4. Sangat mengikuti sistem dan peraturan
  5. Tidak mudah percaya pada orang lain
  6. Perhitungan pada waktu, uang dan sumber daya yang lain
  7. Jika terlambat 5 menit saja akan merasa sangat risih
  8. Senang dengan angka, data dan daftar / list
  9. Disiplin dan perfeksionis
  10. Sangat menjaga barang dan milik mereka
  11. Memiliki kehidupan dan kualitas tinggi
  12. Penuh pertimbangan dan suka mempersiapkan sesuatu jauh-jauh hari
  13. Diplomatis
  14. Contoh orang yang tinggal di Jepang, Jerman, Swedia dan Singapura
  15. Tokoh terkenal : Steven Spielberg

#resensibuku
#sinopsisbuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts