Wednesday, October 14, 2015

Outliers

Rahasia di Balik Sukses


Oleh : Malcolm Gladwell

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2008
Tebal : 339 halaman


Buku ini secara garis besar memang mengenai manusia secara individu yang dapat menjadi outlier atau menjadi yang terbaik. Namun dimulai dengan gambaran besar masyarakat Italia yang hijrah ke Amerika yang mampu menjadi outlier karena penduduknya secara rata-rata mempunyai tingkat kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain.

Rahasianya karena masyarakat Italia tersebut menerapkan pola hidup egaliter, yaitu orang kaya tidak memamerkan kekayaannya bahkan menolong orang yang kurang sukses.

Manusia yang sukses secara individu pada dasarnya bukan hanya dikarenakan tingkat IQ dan bakat dari pribadi tersebut, namun juga latihan. Sehingga formula orang sukses adalah bakat ditambah latihan.

Latihan yang dimaksud juga bukan sekedar latihan, namun perlu latihan yang berkesinambungan hingga total mencapai 10.000 jam sehingga individu tersebut menjadi ahli dalam bidangnya. Sehingga orang sukses pada umumnya selain latihan juga bekerja dengan benar-benar keras untuk mencapainya.

Kecerdasan manusia tidak hanya kecerdasan analisis yaitu kecerdasan yang banyak didapatkan dari sebagai keahlian bawaan, namun juga ada kecerdasan praktis yang merupakan keahlian sosial dan pengetahuan yang harus dipelajari.

Dalam hal study case lain yang disebutkan dalam halaman 278, bahwa "kesuksesan adalah hasil kegigihan, keteguhan dan kesediaan untuk bekerja keras selama 20 menit untuk mengartikan sesuatu yang akan ditinggalkan setelah 30 detik oleh banyak orang".

Dan kesemuanya itu perbedaan orang yang sukses dan tidak adalah terletak pada 1 hal yaitu kesempatan.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts