Saturday, October 17, 2015

Tangan Emas J.K. Rowling

Rahasia-Rahasia Ajaib di Balik Novel-Novel Dahsyatnya


Oleh : Alex Jemiah S.

Penerbit : FlashBook, 2013
Tebal : 152 halaman


Kebanyakan orang yang sekarang menjadi sukses terlahir dalam kondisi yang sederhana dan cenderung miskin dengan serba kekurangan. Hal ini juga berlaku terhadap sang pencipta kharakter penuh inspirasi Harry Potter, yaitu J.K. Rowling.

Buku kisah tentang Harry Porter sebanyak 7 buku, yaitu
  1. Harry Porter and the Philosopher's Secret (1997)
  2. Harry Porter and the Chamber of Secrets (1998)
  3. Harry Porter and the Prisoner of Azkaban (1999)
  4. Harry Porter and the Goblet of Fire (2000)
  5. Harry Porter and the Order of the Phoenix (2003)
  6. Harry Porter and the Half-Blood Prince (2005)
  7. Harry Porter and the Deathly Hallows (2007)

Sebenarnya kisah dari buku Harry Porter yang pertama sudah rampung pada tahun 1995, namun baru 1 tahun kemudian ada penerbit yang mau menerbitkannya pada tahun 1996 yaitu Bloomsburry, setelah 9 perusahaan penerbit sebelumnya yang menolak naskahnya.

Buku Harry Porter sebagai buku anak-anak memiliki 65.000 kata, lebih panjang dari umumnya buku anak-anak, yaitu sekitar 40.000 kata.

J.K. Rowling mendapatkan ilham dan penokohan dari kehidupan sekitar dia. Misalnya nama belakang Potter merupakan teman akrabnya saat kecil di Bristol dan di Winterbourne. Sedangkan nama depan adalah dari Harold yang mempunyai arti "Panglima Perang".

"Running Weasel" menjadi inspirasi bagi nama Ron Weasley, yaitu berhubungan dengan mitologi tentang jagoan catur Dinasti Keenam sekaligus mempunyai arti "Penasihat sang Raja".

Lalu tokoh Mr Snape merupakan gambaran dari gurunya yang bernama Mrs. Morgan yang bagi Rowling sangat menakutkan dirinya. Namun dari Mrs Morgan pula muncul inspirasi tokoh Hermione yang cerdas dalam menyelesaikan masalah sesuai dengan literatur.

Tokoh Dementor yaitu makhluk yang menyedot kebahagian manusia muncul saat Rowling mengalami depresi sewaktu ibu Rowling meninggal dunia.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts