Sunday, May 3, 2015

The Devil's Advocate

100 Aturan Bisnis yang Harus Anda Kuasai


Oleh : Caspian Woods

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2013
Tebal ; 267 halaman


Awalnya aku kira buku ini ada hubungannya dengan salah satu film favoritku yang berjudul sama yaitu The Devil's Advocate, yaitu film apik yang diperankan oleh Keanu Reeves yang berperan sebagai Kevin Lomax, seorang pengacara pemula yang hidup cukup sederhana di Florida.

Dalam film tersebut selain Keanu Reeves juga bermain Judith Ivey sebagai Alice, yaitu ibu Kevin Lomax yang merupakan penganut Katolik taat, lalu ada Charlize Theron sebagai Mary Ann, istri dari Kevin Lomax dan yang menjadi film ini menjadi kuat adalah karakter John Milton yang diperankan dengan bagus oleh Al Pacino.

Inti dari film tersebut adalah godaan setan yang dimana setan itu sendiri bisa berwujud apapun, bahkan yang berwujud manusia. Setan tiada hentinya memperdaya dan memanipulasi manusia. Orang yang diperdaya setan kebanyakan yang cinta kepada dunia secara berlebihan dan memiliki ambisi yang tak pernah tercapai sebelumnya sehingga dapat memengaruhi alam bawah sadar dan perilaku manusia.

Tapi sekali lagi buku ini bukan membicarakan film tersebut.

Buku ini mengajak kita untuk berpikir lain dalam menyikapi dalam dunia bisnis atau dunia yang serupa. Jika orang lain berpikir ZIG maka kita juga harus bisa berpikir ZAG.

Buku ini dibagi menjadi 7 hal besar, yaitu
1. Kepemimpinan
2. Strategi
3. Inovasi
4. Penjualan dan Pemasaran
5. Staf
6. Keuangan
7. Pribadi

1. Kepemimpinan
Apa tugas kita sebagai pemimpin? Pemimpin adalah orang yang bertugas menjelaskan puncak gunung kepada bawahan dan menjelaskan mengapa puncak gunung itu merupakan tempat yang sangat bagus untuk dicapai, serta untuk mencapai puncak gunung dijelaskan pula tantangan-tantangan dan jurang-jurang dalam perjalanan itu.

2. Strategi
Bussiness plan atau perencanaan bisnis memang diperlukan tapi setelah itu kita harus lebih cepat dan fleksibel dalam menjalankan misi dari visi yang telah ditetapkan. Dalam bisnis, taktik jauh lebih penting dibandingkan strategi.

3. Inovasi
Bagaimana menyikapi kegagalan. Mari kita contoh Thomas Alva Edison dimana dia telah menemui 1000 kegagalan dalam membuat 1 lampu, beliau berucap "Saya tidak mengalami kegagalan sebanyak seribu kali, tapi saya telah sukses berhasil menemukan 1000 cara untuk TIDAK membuat sebuah lampu".

4. Penjualan dan Pemasaran
Seorang psikolog dari Jerman, Hermann Ebbinghaus menemukan dalam penelitiannya bahwa manuisa akan lupa sebanyak 60% dari informasi yang didapatkan setelah 1 jam dipelajari. Oleh karena itu dalam membuat presentasi buatlah 3 fokus saja.

5. Staf
Delegasi tugas adalah tentang memberikan kewenangan yang cukup kepada yang cukup sesorang untuk menjalankan sesuatu. Jika itu terasa sakit dan menakutkan, itulah sebuah delegasi.

6. Keuangan
Banjir uang pinjaman dalam bentuk utang dapat merusak bisnis kita dibandingkan kokain, karena hal tersebut dapat membuat kecanduan.

7. Pribadi
Seekor singa sangat gesit dan buas dalam menangkap mangsanya, namun sesekali singa juga bermalas-malasan dengan berjemur dibawah bayang-bayang sebuah pohon di Afrika. Sebuah pepatah berkata "Berikan pekerjaan yang sulit kepada seorang pemalas dan dia akan melakukan dengan cara yang paling mudah untuk dilakukan".

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts