Sunday, May 24, 2015

Slide Design Mastery

How to Design World Class Slide Presentation


Oleh : Mustofa Thovids

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama, 2014
Tebal : 124 halaman


Pada jaman dahulu jika akan membuat presentasi di depan kelas adalah menggunakan OHP atau Over Head Projector, namun sekarang dengan semakin majunya teknologi kita dapat lebih efektif dalam melakukan presentasi yaitu dengan menggunakan LCD Projector.

Mengapa presentasi menjadi sangat penting, karena ternyata dalam kesuksesan tidak hanya dapat diukur dengan mematenkan penemuan atau bagaimana perusahaan dibangun, tapi juga dengan bagaimana cara kita dalam memasarkan ide kita. Sehingga presentasi adalah alat komunikasi dalam bisnis.

Bahkan konon presentasi dalah komunikasi dengan visual sudah dimulai 25.000 tahun yang lalu yaitu saat ditemukannya lukisan di Gua Altamira, Spanyol.

Dalam membuat presentasi, dalam buku ini kita akan diajari 3 hal, yaitu
  1. Planning
  2. Design
  3. Delivery

Juga tedapat 3 hal lain yang harus diikuti dalam membuat presentasi, yaitu
  1. Why
  2. What
  3. How

Sebelum membuat slide presentasi yang tidak kalah penting adalah membuat sketsa atau yang disebut dengan storyboard yang berisi gambaran dari presentasi dan bagaimana cara membuatnya, sehingga saat anda membuatnya nanti kita akan tetap pada jalur yang sudah direncanakan.

Kaidah lain yang perlu diingat adalah kesederhanaan, yaitu dimana kesederhanaan akan membuat hal yang paling penting akan jadi terlihat. Selain kesederhanaan yang tak kalah penting adalah kejelasan pesan yang hendak kita sampaikan di setiap slide.

Untuk itu perlu ditunjang dengan pemilihan tipografi yang baik, pemilihan warna yang sesuai, pemilihan background yang tepat dan penggunaan chart yang cocok.

#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts