Sunday, June 2, 2013

When Markets Collide

Strategi Investasi di Era Perubahan Ekonomi Global


Penulis : Mohamed El-Erian

Penerbit : PT Bhuana Ilmu Populer, 2009
Tebal : 349 halaman

Buku "When Markets Collide" karya Mohamed El-Erian membahas dinamika pasar global dan tantangan yang dihadapinya. Buku ini mengulas keterkaitan berbagai pasar dan bagaimana peristiwa di satu bagian dunia dapat memiliki dampak luas. Berikut rangkuman singkat:

El-Erian membahas konsep "normal baru," istilah yang dia populerkan untuk menggambarkan dunia pasca krisis keuangan yang ditandai oleh pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat, volatilitas pasar yang meningkat, dan kebijakan moneter yang tidak konvensional. Dia menekankan pentingnya memahami interaksi antar kelas aset yang berbeda dan dampak kekuatan ekonomi dan geopolitik global terhadap pasar keuangan.

Penulis mengeksplorasi kemunculan pasar-pasar baru dan pengaruh mereka yang semakin besar terhadap ekonomi global. Dia juga membahas risiko yang terkait dengan inovasi keuangan berlebihan dan perlunya para investor beradaptasi dengan lanskap investasi yang berubah.

Selain itu, El-Erian memberikan wawasan tentang peran bank sentral dan pembuat kebijakan dalam menavigasi krisis keuangan dan mempromosikan stabilitas. Dia menyarankan agar para investor mengadopsi pendekatan portofolio yang lebih fleksibel dan terdiversifikasi untuk menghadapi ketidakpastian dunia keuangan modern.

Secara keseluruhan, "When Markets Collide" menawarkan analisis komprehensif tentang tantangan dan peluang dalam lanskap keuangan global, memberikan wawasan berharga bagi para investor dan pembuat kebijakan.


Dalam buku ini anda akan mendapatkan wawasan mengenai dinamika yang tengah mengubah perekonomian gloval. Pemahaman ini mengenai berbagai kekuatan yang sangat penting bagi investor. Namun kekuatan-kekuatan tersebut sulit untuk diidentifikasi dan dipahami secara penuh.

Berbicara mengenai investasi maka salah satu film yang terkenal mengenai invetasi adalah Wall Street (1987) yang diperankan dengan sangat apik oleh Michael Douglass. Dalam buku ini juga pada halaman 73 membahas peran yang dimainkan oleh Michael Douglas yaitu Gordon Gekko.

Yang dicukil adalah pidato Gordon Gekko didepan para pemegang saham Teldar Paper. "Intinya, Bapak dan Ibu sekalian, kerakusan - karena tidak ada kata yang lebih baik - adalah hal yang baik. Kerakusan adalah sesuatu yang tepat. Kerakusan adalah sesuatu yang berhasil. Kerakusan dapat mengklarifikasi, memotong jalan dan menangkap ini dari semangat evolusioner. Kerakusan, dalam segala bentuknya - rakus kehidupan, rakus cinta, rakus pengetahuan - menandai suatu gelombang kebangkitan umat manusia"

Pada bagian kesimpulan, halaman 294, dijelaskan bahwa manajer yang sukses tidak pernah lupa akan hal-hal yang penting dan mendesak.Tugas-tugas ini sangat penting jika berkaitan dengan upaya memosisikan diri guna meraih keunggulan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Jangan sampai kita terlalu asyik dengan tugas mendesak dan tidak penting Sehingga akan menguras banyak waktu tapi hanya memiliki pengaruh penting yang relatif kecil dalam kesuksesan jangka panjang dari sebuah usaha keras.


Pentingnya Fleksibilitas Investasi:
El-Erian menyoroti pentingnya fleksibilitas dalam mengelola investasi. Dalam dunia yang terus berubah, para investor perlu memiliki pendekatan yang adaptif dan tidak terpaku pada strategi yang kaku. Kemampuan untuk mengubah portofolio secara cepat dan responsif menjadi kunci kesuksesan di tengah dinamika pasar yang kompleks.

Peran Lebih Pentingnya Negara Berkembang:
Buku ini membahas peran meningkat dari pasar negara berkembang dalam perekonomian global. El-Erian menekankan bahwa investor perlu memahami dan mengakomodasi dampak pertumbuhan ekonomi yang pesat di negara-negara tersebut serta bagaimana hal ini dapat memengaruhi investasi global.

Resiko Inovasi Keuangan:
Penulis membahas risiko yang terkait dengan inovasi keuangan, khususnya dalam hal instrumen keuangan baru dan kompleks. Pemahaman yang mendalam terhadap produk-produk ini sangat penting bagi investor, dan El-Erian memperingatkan bahwa kekurangan pemahaman dapat membawa risiko yang signifikan.

Tantangan Kebijakan Moneter dan Ekonomi:
El-Erian menganalisis tantangan yang dihadapi oleh bank sentral dan pembuat kebijakan dalam mengelola kebijakan moneter di tengah ketidakpastian ekonomi global. Buku ini merinci upaya-upaya untuk menjaga stabilitas finansial dan bagaimana kebijakan ekonomi dapat berperan dalam mengatasi ketidakseimbangan.

Dengan merangkum aspek-aspek tersebut, "When Markets Collide" memberikan pandangan holistik terhadap kompleksitas pasar global dan memberikan panduan bagi pembaca untuk menghadapi tantangan serta memanfaatkan peluang dalam dunia keuangan yang selalu berubah.

#sinopsisbuku #resensibuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts