Monday, August 11, 2003

Buku Pintar 100 Kota Besar Bersejarah di Dunia


Editor : Chrisanne Becker & Eddy Soetrisno

Penerbit : Ladang Pustaka & Intimedia, 2011
Tebal : 166 halaman


Buku Pintar 100 Kota Besar Bersejarah di Dunia yang ditulis oleh Chrisanne Becker & Eddy Soetrisno didasarkan pada penjelajahan 100 kota besar di dunia yang memiliki sejarah yang kaya dan menarik. 

Mencakup informasi tentang beberapa kota terkenal di seluruh dunia, termasuk perkembangan sejarah, warisan budaya, arsitektur, tempat wisata, dan mungkin juga cerita menarik seputar kota-kota tersebut.

Kota-kota tersebut mulai dari kota peradaban Mesir Kuno, Yunani Kuno, atau Romawi, serta perkembangan dan peristiwa penting di kota-kota selama Abad Pertengahan atau zaman modern.

Dalam buku terdapat daftar isi yang tidak hanya daftar dari kota-kota yang bersejarah di dunia, tapi juga daftar isi urutan dari sejarah mulai dari tahun 3000 Sebelum Masehi hingga tahun 2000 Masehi.

Dalam daftar tahun 3000 SM, terdapat 2 kota yaitu Beirut Libanon dan Damaskus, Suria.

Damaskus disebut dengan "Mutiara dari Timur" adalah ibukota Suria atau Suriah atau juga dikenal dengan Siria, mempunyai perkebunan buah-buahan Oasis Al-Ghutah. Oleh para sejarahwan kota Damaskus dipercaya sebagai kota tertua yang dibangun pada masa pra-sejarah yang sampai sekarang masih dihuni oleh penduduk manusia.

Jakarta juga termasuk satu dari 100 kota besar bersejarah yang disebutkan dalam buku ini. Jakarta didirikan pada tahun 1527 oleh orang Belanda yang dulu disebut dengan Batavia sebagai ibukota Hindia Timur atau Hindia Belanda.

Semenjak dulu Batavia atau Jakarta menjadi pusat perdagangan mulai dari mulut sungai Liwung atau Ciliwung yang merupakan dataran yang rentan oleh serangan banjir dengan daerah rawa yang luas dan jumlah hutan dataran tinggi yang menyusut.


No comments:

Post a Comment

Featured Post

The Jesus Family Tomb

Related Posts