Wednesday, September 10, 2003

Berapakah Berat Bumi?

How Stuff Works


Oleh : Marshall Brain's

Penerbit : Pakar Raya, 2003
Tebal : 158 halaman

"Brapakah Berat Bumi / How Stuff Works" adalah buku yang ditulis oleh Marshall Brain yang membahas tentang berbagai fenomena dan konsep ilmiah yang ada di sekitar kita. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana berbagai hal bekerja dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam buku ini, Marshall Brain mengungkapkan rahasia di balik berbagai hal yang mungkin sering kita jumpai, tetapi tidak sepenuhnya kita mengerti. Dia menjelaskan dengan jelas dan sederhana tentang prinsip-prinsip ilmiah di balik teknologi, mesin, alat, dan fenomena alam.

Buku ini mencakup beragam topik, mulai dari prinsip dasar fisika, kimia, dan biologi, hingga bagaimana teknologi modern seperti internet, komputer, dan telepon seluler bekerja. Pembaca akan diajak untuk mempelajari konsep dasar seperti gravitasi, elektromagnetisme, dan energi, serta dijelaskan dengan detail tentang bagaimana berbagai mesin seperti mesin pembakaran dalam, pesawat terbang, dan kendaraan listrik beroperasi.

Selain itu, buku ini juga membahas fenomena alam seperti cuaca, geologi, dan kosmologi. Pembaca akan mendapatkan pemahaman tentang bagaimana gempa bumi terjadi, mengapa langit berwarna biru, dan apa yang menyebabkan matahari bersinar.

Marshall Brain menggunakan gaya penulisan yang mudah dipahami dan dilengkapi dengan ilustrasi yang jelas dan informatif. Buku ini cocok untuk siapa saja yang ingin memahami lebih dalam tentang dunia di sekitar kita dan ingin mengetahui bagaimana berbagai hal bekerja.

Dengan "Berapakah Berat Bumi / How Stuff Works," Marshall Brain berhasil menyajikan penjelasan yang menarik dan mendalam tentang berbagai konsep ilmiah yang dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai latar belakang. Buku ini memungkinkan kita untuk melihat dunia dengan cara yang baru dan mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang cara kerja segala sesuatu di sekitar kita.

Dalam buku ini terdapat 100 lebih pertanyaan populer yang dijawab dengan secara gamblang dan mudah dimengerti.

Buku ini ada karena kita semua adalah orang yang sangat ingin tahu. Karena kita semua adalah orang yang selalu ingin mencoba untuk menyelesaikan misteri benda-benda yang ada di sekitar kita.

Judul dari buku ini dijawab dalam buku ini pada nomor paling terakhir dan pada halaman paling terakhir.

Berapakah berat bumi? Jawaban yang tepat adalah 6 x 10 pangkat 24 atau 6.000.000.000.000.000.000.000.000 kilogram.

Wow.

Dalam buku ini dijelaskan bagaimana cara penulis menghitung secara tepat berat bumi atau lebih tepatnya massa bumi tersebut. Yaitu menggunakan rumus dan teori tarikan gravitasi.

Tidak hanya pertanyaan ilmiah yang merumitkan yang ditawarkan pada buku ini, tapi juga ada pertanyaan yang terkesan sepele. Misalnya mengapa root beer disebut root beer.

Root beer, seperti kita ketahui adalah salah satu jenis minuman. Root beer atau birch beer mempunyai arti minuman bir yang tidak mengandung alkohol dengan rasa tumbuhan yaitu dari butiran serelia, misalnya dari akar pohon bunga-bungaan atau anggur sarsaparila.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts