Sunday, March 6, 2016

Millenials @Work

7 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Setiap Generasi Usia 20-an (dan Para Manajer Mereka) untuk Mengatasi Hambatan & Meraih Kesuksesan


Oleh : Chip Espinoza, Ph.D, Peter Miller, Curtis Bateman & Curtis Garbett

Penerbit : Dunamis Publishing, 2015
Tebal : 161 halaman


Sebagai manajer aku pernah pusing tujuh keliling saat merekrut karyawan sebagai staff yang tidak sampai 1 tahun sudah mengajukan resign. Padahal staff tersebut mendapatkan training atau pelatihan baru 3 bulan dan masa adaptasi 3 bulan setelahnya, sehingga seharusnya waktunya mengabdi dan menunjukkan prestasi setidak-tidaknya 1 tahun setelah masa training dan adaptasi tersebut.

Sehingga niscaya jikapun karyawan tersebut diterima di perusahaan lain, dapat dipastikan karier karyawan tersebut masih belum meningkat karena kemampuan karyawan tersebut masih hijau. Lalu aku menemukan buku ini, sekilas baca, apa yang aku alami tersebut ada pada buku ini.

Dalam pendahuluan buku ini dijelaskan bahwa banyak karyawan masa kini atau para profesional muda ini mengalami gegar budaya ketika mulai dan saat bekerja. Hal tersebut dikarenakan terdapat gap atau jurang pemisah yang cukup lebar antar generasi.

Salah satu gap tersebut adalah dimana karyawan yang notabene adalah generasi dimasa sebelumnya dalam bekerja demi meraih keamanan dan kenyamanan dengan penghidupan yang layak. Namun generasi selanjutnya meraih pekerjaan dengan kebutuhan yang lebih mendalam yaitu melakukan sesuatu yang lebih bermakna, menjadi seseorang, mencipta sesuatu dan meraih kepuasan.

Lalu siapa itu generasi sebelumnya dan siapa itu generasi berikutnya? Berikut dalam buku ini juga diberikan pembagian beberapa generasi.

Generasi Survivors (Lahir 1926 - 1945)
Generasi para pembangun ini memiliki karakter yang kuat karena mengalami masa sulit pasca Perang Dunia I dan Perang Dunia II, sehingga generasi survivor ini sangat menghargai keluarga, keimanan, tradisi dan komunitas.

Generasi Baby Boomer (Lahir 1946 - 1964)
Setelah pasca perang terjadi ledakan dan lonjakan kelahiran sehingga lebih dari 75 juta yang lahir di Amerika pada masa tersebut. Ciri dari generasi baby boomer adalah mereka yang dipenuhi dengan rasa optimisme, prestasi dan kemakmuran.

Generasi X (Lahir 1965 - 1982)
Karakter yang melekat pada Generasi X atau Gen X adalah mereka sang pengembara apatis yang tak tentu arah. Jarang dari generasi ini yang mapan dikarenakan muncul ketidak-percayaan mereka terhadap peran keluarga, timbul keraguan untuk membangun relasi dan sikap "kerjakan sendiri".

Generasi Milenial (Lahir 1983 - 2001)
Generasi milenial ini tumbuh besar dengan alat eletronik dan gadget yang canggih, sehingga secara tidak langsung generasi ini sangat dekat dan mengenal kepada teknologi canggih.

Generasi Selanjutnya (Lahir 2002 - dan seterusnya)
Generasi ini ditandai dengan mereka yang jago kandang yaitu lebih memilih tinggal dirumah yang aman dan nyaman daripada pergi menjelajah dunia. Hal ini dikarenakan generasi ini hidup pada dunia yang sangat dimudahkan yang serba digital.

Lalu bagaimana tips agar orang dari berbagai generasi diatas dapat hidup dan bekerja dengan baik terutama terhadap lintas generasi. Kita harus mempunya mentor setidaknya 4 macam, yaitu :

  • Mentor senior
  • Mentor teman
  • Mentor amplas
  • Orang yang dimentori


Kembali kepada tulisan diawal artikel, yaitu bahwasanya para perekrut akan menilai dan berasumsi 6 bulan hingga 1 tahun bukanlah waktu yang cukup bagi para karyawan untuk belajar, berlatih dan mempunyai pengalaman terhadap 1 pekerjaan.


#sinopsisbuku
#resensibuku
#potretbuku

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Rahasia Nusantara

Candi Misterius Wangsa Syailendra Penulis : Asisi Suhariyanto Penerbit : GagasMedia, 2024 Tebal : 274 halaman Budaya bukan sekedar kesenian ...

Related Posts