Tuesday, May 22, 2012

Why We Do It

Upaya Menalar Perilaku individu ketika Berinteraksi dengan Ilmu Ekonomi


Oleh : Hidajat Hendarsjah

Penerbit : PT Elex Media Komputindo, 2009
Tebal : 118 halaman


Disini terdapat 18 studi kasus yang dikupas oleh penulis, dimana setiap kasus tersebut kadang susah dinalar, untuk itu kenapa perlu adanya study.

Misalnya adalah dalam halaman 99, dijelaskan dengan judul yang sangat mudah dipahami yaitu "Sudah Naik Gaji, Kok Masih Korupsi?".

Hal ini sulit dinalar tapi banyak kita temui. Para pesakitan di hotel rodeo yang terjerat karena kasus korupsi rata-rata mempunyai gaji yang sudah cukup tinggi plus latar pendidikan yang tinggi pula. Lalu apa yang salah dari tindakan korupsi ini.

Memang untuk menekan angka korupsi jika hanya dilakukan dengan meningkatkan jumlah gaji atau insentif tapi tidak dibarengi dengan penataan lingkungan kerja yang menghargai prestasi maka hanya berpengaruh dalam jangka pendek saja.

Penataan lingkungan kerja akan menghidupkan moral semua karyawan sehingga niscaya dapat mengurangi angka korupsi yang menjadi musuh bersama.

No comments:

Post a Comment

Featured Post

Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi

Judul : Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi Oleh : Gerald Corey Penerbit : Refika, 2003 Tebal : 434 halaman Psikoanalisis adalah ali...

Related Posts