Oleh : Faidatur Robiah
Penerbit : Tinta Medina, 2017
Tebal : 196 halaman
Dalam buku Marketing Hebat ala Rasulullah, Faidatur Robiah mengajak pembaca menyelami teladan Rasulullah SAW sebagai pedagang, manajer, dan pemilik usaha yang sukses karena menerapkan etika tinggi serta strategi bisnis yang berpihak pada keberkahan.
Sebelum menjadi rasul, Nabi Muhammad SAW dikenal sebagai pedagang ulung yang dipercaya, bijak membaca pasar, dan punya reputasi "al‑Amin" (yang dapat dipercaya). Muhammad adalah pedagang dan pebisnis handal.
Integritas menjadi fondasi utama dalam bisnis ala Nabi. Beliau tidak pernah mengambil keuntungan dari amanah atau menyalahgunakan kepercayaan mitra—bahkan memilih tidak menjatuhkan harga untuk mempertahankan keadilan dan kepercayaan pelanggan . Sikap ini menunjukkan bahwa orang tanpa integritas tidak mampu menjaga amanah, sehingga tidak layak dipercaya dalam bisnis. Selain amanah, dalam integritas beliau juga tidak pernah meminta-minta.
Di masa awal berdagang dan setelah menikah, Nabi SAW selalu menunjukkan fokus tinggi dalam setiap urusannya. Beliau tidak pernah tergesa-gesa menjual tanpa pengetahuan tentang produk atau pelanggan, melainkan bersikap cermat memberi informasi jujur tentang kelebihan dan kekurangan produk.
Hal ini menunjukkan bahwa beliau sangat berkonsentrasi dan sangat menjunjung tinggi profesionalisme.
Sebagai pedagang Khadijah, Nabi tidak menggunakan modal sendiri, melainkan modal mitra dalam sistem bagi hasil. Ia lebih mengandalkan value – kepercayaan, kejujuran, dan pelayanan—sebuah bukti bahwa uang bukan syarat utama dalam membangun bisnis, melainkan nilai, reputasi, dan integritas .
Hal ini sebagai bukti bahwa uang bukanlah modal utama.
Melalui Marketing Hebat ala Rasulullah, Faidatur Robiah tidak hanya menghadirkan kisah sukses hijrah Nabi sebagai pedagang, tapi juga menyajikan prinsip-prinsip universal dalam bisnis: jujur, amanah, fokus, profesional, berintegritas, dan berorientasi pada keberkahan serta hubungan baik dengan pelanggan dan mitra. Prinsip mudah diaplikasikan dan relevan di era kekinian, menjadikan buku ini panduan praktis dan inspiratif untuk pengusaha muslim maupun mereka yang ingin mendalami etika bisnis islami.
No comments:
Post a Comment